web analytics
  

Ridwan Kamil: Waspada Covid-19 di Pasar Tradisional

Rabu, 3 Juni 2020 18:48 WIB Mildan Abdalloh
Umum - Regional, Ridwan Kamil: Waspada Covid-19 di Pasar Tradisional, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Emil, Pasar Tradisional, Covid-19 di Pasar,

Pasar tradisional. (Ayobandung/Irfan Al Faritsi)

KATAPANG, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta pemerintah kota kabupaten tetap waspada dengan penyebaran covid-19 saat penetapan Adaptasi Kehidupan Baru (AKB).

Walaupun secara grafik saat ini telah terjadi penurunan kasus covid-19, namun dengan dibukanya kembali sejumlah aktivitas seiring dengan AKB, kewaspadaan tetap harus ditingkatkan.

AYO BACA : Pasien Covid-19 Klaster Pasar Cileungsi Bertambah 6 Orang

"Kewaspadaan harus ditingkatkan. Yang paling harus diwaspadai itu pasar tradisional," ujar Emil saat meninjau pabrik di Katapang, Kabupaten Bandung, Rabu (3/6/2020).

Dia meminta pemerintah kota kabupataen di Jawa Barat untuk mengawasi pasar tradisional supaya tidak menjadi titik penyebaran covid-19.

AYO BACA : Pedagang Positif Covid-19, 3 Pasar di Pabuaran Cirebon Ditutup

Bupati Bandung Dadang M Naser mengakui jika selama ini pasar tradisional sulit untuk dikondisikan, terutama masalah kerumunan.

"Paling rawan itu saat subuh," ucapnya.

Saat AKB nanti kata Dadang pihaknya akan berupaya melakukan pengawasan ketat di pasar tradisiobal.

"Nanti diupayakan petugas untuk menjaga dan mengatur aksebilitas orang di pasar tradisional. Harus dikurangi jumlah orang yang beraktivitas antara 30%-50% dari kapasitas," katanya.

Selain itu, pihaknya akan secara rutin melakukan penyemprotan disinfektan. Setiap pekan, pasar tradisional akan disemprot cairan pembunuh bakteri.

AYO BACA : Pedagang di 20 Pasar Tradisional Bandung Jalani Rapid test

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers