web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Dokter Italia Sebut Corona Melemah, Ini Tanggapan WHO

Rabu, 3 Juni 2020 13:34 WIB M. Naufal Hafizh

[Ilustrasi] Dokter terkemuka di Italia menyatakan bahwa virus corona sudah mulai melemah. Namun, pernyataan itu dipertanyakan oleh WHO. (Pixabay)

Dokter terkemuka di Italia menyatakan bahwa virus corona sudah mulai melemah. Namun, pernyataan itu dipertanyakan oleh WHO.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Seorang dokter senior di Italia, sekaligus kepala Rumah Sakit San Raffaele, Alberto Zangrillo, menyebut bahwa virus corona baru mulai melemah. Dengan begitu, virus itu tak terlalu mengancam.

"Pada kenyataannya, virus secara klinis tidak ada lagi di Italia. Tes yang dilakukan selama 10 hari terakhir menunjukkan viral load secara kuantitatif yang benar-benar sangat kecil dibandingkan dengan yang dilakukan sebulan atau dua bulan yang lalu," kata Alberto Zangrillo, dari Lombardy, dilansir dari Medical Daily.

AYO BACA: Virus Corona Covid-19 Menyebar Lewat Makanan Kemasan, Benarkah?

AYO BACA: Tangkal Covid-19 dengan Mengonsumsi Ubi Ungu

AYO BACA: 8 Cara Mencegah Virus Corona Covid-19 Saat Keluar Rumah

Dilansir dari South China Morning Post (SCMP), sayangnya penyataan tersebut langsung ditangkis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Ahli epidemologi WHO, Maria Van Kerkhove, serta beberapa ahli lain mengatakan, pernyataan Zangrillo tidak didukung oleh bukti ilmiah.

Mereka menyebut, pernyataan Zangrillo tidak menunjukkan data bahwa virus corona baru berubah secara signifikan, baik dalam bentuk penularannya atau tingkat keparahan penyakit yang ditimbulkannya, kata mereka.

"Dalam hal penularan, itu tidak berubah, dalam hal keparahan, itu juga tidak berubah," kata Van Kerkhove kepada wartawan.

AYO BACA: 5 Cara Mencegah Virus Corona Covid-19 yang Keliru

AYO BACA: 5 Langkah Mencegah Virus Corona di Rumah

AYO BACA: Cara Salam Alternatif untuk Cegah Corona Sesuai Anjuran WHO

Bukan hal yang aneh bagi virus untuk bermutasi dan beradaptasi ketika menyebar.

Para ahli badan kesehatan, bersama dengan sejumlah ilmuwan lain, juga mengatakan pada Senin (1/6/2020), bahwa tidak ada bukti untuk mendukung pernyataan dokter terkenal Italia itu.

Selain menyatakan bahwa virus corona tidak lagi berpotensi membahayakan, Zangrillo mengatakan, beberapa ahli terlalu khawatir tentang potensi gelombang kedua. Dia yakin Italia akan segera beroperasi kembali secara normal.

“Kekuatan virus itu dua bulan lalu bukanlah kekuatan yang sama dengan yang dimiliki saat ini. Jelas bahwa hari ini penyakit Covid-19 berbeda," kata Matteo Bassetti, kepala klinik penyakit menular di rumah sakit San Martino di kota Genoa.

AYO BACA: Wajib Tahu, Ini 6 Tanda Kekebalan Tubuh Melemah!

AYO BACA: Manfaat Semangka Dalam Hadis Nabi Muhammad

AYO BACA: Mudah Didapat, Ini Bahan-bahan Alami Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers