web analytics
  
Banner Kemerdekaan

PSSI Beri Lampu Hijau Liga 1 Berlanjut, Persib Sambut Positif

Rabu, 3 Juni 2020 13:05 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Direktur PT PBB Teddy Tjahjono (tengah). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- PSSI kembali melakukan rapat virtual dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) bersama klub Liga 1 dan 2020, Selasa (2/6/2020) untuk membahas kelanjutan kompetisi.

Pada rapat kali ini, PSSI melalui Ketua Umum Mochamad Iriawan memberikan opsi-opsi terkait kelanjutan kompetisi 2020. Rapat virtual PSSI dengan seluruh klub Liga 1 dan 2 dimulai pukul 10.00 dan berakhir pukul 18.30 WIB. 

Pada rapat ini PSSI diwakili oleh Ketua Umum Mochamad Iriawan, Wakil Ketua Umum Iwan Budianto, anggota Komite Eksekutif Yoyok Sukawi serta Endri Erawan, Pelaksana Tugas Sekjen Yunus Nusi, Wakil Sekjen Maaike Ira Puspita, Staf Khusus Leo Siegers, Direktur Teknik Indra Sjafri dan Dokter Syarif Alwi.

AYO BACA : Pelatih Persib Siap Terima Segala Keputusan Terkait Nasib Liga

Sementara dari PT LIB diwakili Direktur Operasional Sudjarno, Direktur Bisnis Rudy Kangdra, dan Direktur Keuangan Anthony Kartawiria.

"Hari ini PSSI memberikan opsi-opsi kepada klub Liga 1 dan 2 terkait kelanjutan kompetisi. Jadi keputusan tetap di rapat Komite Eksekutif. Seperti Liga 1 dimulai bulan September atau Oktober, setelah itu terkait nominal penambahan subsidi, dan pertandingan dimainkan di Pulau Jawa, konsep degradasi dan promosi," kata Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi, dinukil Ayobandung.com dari laman resmi PSSI, Rabu (3/6/2020).

Yunus menambahkan opsi kompetisi dilanjutkan untuk melihat kepentingan lebih besar yakni Timnas Indonesia yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021 mendatang. Apalagi ajang bergengsi tersebut berlangsung di Tanah Air.

AYO BACA : Lanjut-Tidaknya Liga 1 2020 Ditentukan Malam Ini

"Untuk Liga 2, PSSI menawarkan opsi home turnamen, sistem formatnya dibagi 4 grup dengan masing-masing grup 6 tim. Dimulai sekitar bulan Oktober. Jadi opsi untuk status kompetisi Liga 1 dan 2 adalah kompetisi lanjutan. Kompetisi akan dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat. Tadi dokter Syarif Alwi juga telah memberikan paparan kepada seluruh klub," katanya.

PSSI juga akan menyiapkan payung hukum terkait kontrak kepada pemain dan pelatih. Untuk itu PSSI juga melakukan diskusi dengan Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) dan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI) setelah rapat virtual.

Saat ini PSSI juga terus berkomunikasi dengan pemerintah, dalam hal ini dengan Menpora. Selain itu, PSSI juga berkoordinasi dengan stakeholder terkait seperti Gugus Tugas Covid-19, Kementerian Kesehatan, Kepolisian Republik Indonesia dan lain-lain.

Sementara itu, PT Persib Bandung Bermartabat yang diwakili Direktur PT PBB, Teddy Tjahjono mengatakan timnya mendukung penuh keputusan PSSI bila kompetisi dilanjutkan.

"Kompetisi nanti juga demi kepentingan lebih besar, yakni Timnas yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021 di mana Indonesia menjadi tuan rumah. Namun kompetisi nanti harus berlangsung dengan protokol yang ketat demi keselamatan semuanya," kata Teddy.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/bLciQVkozuc" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

AYO BACA : Igbonefo: Untuk Apa Turnamen Kalau Liga Bisa Berlanjut?

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers