web analytics
  

Kucing Akan Sembunyi Menjelang Mati, Ini Sebabnya

Selasa, 2 Juni 2020 19:08 WIB
Umum - Unik, Kucing Akan Sembunyi Menjelang Mati, Ini Sebabnya, Kucing, Sembunyi, Menjelang Mati, kucing mati, kucing sekarat, penyebab kucing menghilang, kucing hilang,

Kucing. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM Kucing diketahui akan bersembunyi jika ia sakit atau akan mati.

Mengutip The Nest, Selasa (2/6/2020), seekor kucing yang sakit akan berusaha menjaga dirinya sendiri. Kucing secara naluriah bersembunyi ketika mereka sakit atau sekarat. Berikut 4 penjelasan mendetail tentang perilaku kucing tersebut.

1. Untuk menghindari bahaya

Terlepas dari kehidupan nyaman yang diberikan majikannya di rumah, kehidupan kucing tetaplah berbahaya sehingga mereka haruslah berjuang sendiri karena bisa dengan mudah menjadi mangsa hewan lainnya.

Saat kucing sakit atau sekarat, ia akan rentan, dan kucing tahu hal itu. Di alam liar, mereka harus bersembunyi dari penyerang karena terlalu lemah untuk membela diri. Bahkan meskipun di rumah, ia akan merasakan hal yang sama dan melindungi dirinya sendiri dengan bersembunyi.

2. Naluri

Di alam liar, biasanya kucing hidup sendiri, karena ia bukanlah hewan yang berkelompok. Ia tidak memiliki siapapun sebagai tempat untuk bergantung kecuali dirinya sendiri.

Sesayang apapun majikan kepadanya, tetap saja naluri kucing mengatakan bahwa tidak ada gunanya mencari bantuan orang lain. Jadi, sebagai pemilik sudah seharusnya memberikan perhatian ketika melihat perilaku kucing yang tidak seperti biasanya.

3. Menandakan ada yang tidak beres

Biasanya kucing yang sakit atau sekarat perilakunya akan berubah, misalnya ia tampak tertekan, dan memilih tidur lebih sering serta menolak tawaran untuk bermain.

Beberapa kucing juga makan lebih sedikit dan bahkan tidak makan sama sekali. Juga banyak kucing yang menunjukkan keagresifannya saat kita membelainya.

4. Merawat kucing lansia

Kucing biasanya bisa hidup paling lama 16 tahun di alam liar, atau jika di rumah dia bisa hidup hingga 17 tahun. Jadi buat kucing yang sudah cukup tua, penting bagi pemilik untuk membuatnya nyaman dengan mengurangi stres.

Misalnya, memberikan selimut atau kaus kaki milik Anda, agar meskipun tidak berada di dekatnya namun terasa seperti dekat. Membersihkan dan menyisir bulunya juga membantu karena biasanya kucing yang sakit dan lemah tidak bisa merawat dirinya sendiri.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers