web analytics
  

Tembakau Sintetis Beredar di Bandung Raya, Bisa Sebabkan Kematian

Selasa, 2 Juni 2020 10:56 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Cimahi, Tembakau Sintetis Beredar di Bandung Raya, Bisa Sebabkan Kematian, Berita Cimahi, Cimahi hari ini, ayobandung, tembakau sintetis, magic barong

Penangkapan tersangka pengedar tembakau sintetis 'Magic Barong' di Kelurahan Mekarwangi, Kecamatan Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Senin (1/6/2020) malam. (Ayobandung.com/Tri Junari)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Polres Cimahi berhasil mengungkap peredaran tembakau sintetis berlabel 'Magic Barong' dari 2 tersangka berinisial PS (20) dan DS (19). Tersangka mengemas kembali tembakau biasa dan meraciknya hingga menjadi tembakau sintetis berbagai rasa dan merk.

Kasat Narkoba Polres Cimahi AKP Andri Alam Wijaya mengatakan, narkoba sintetis tersebut sangat berbahaya jika dikonsumsi. Selain bisa mengganggu syaraf, efek yang paling fatal adalah kematian.

“Kalau terlalu sering bisa memutuskan syaraf, kemudian larinya ke ginjal lalu meninggal dunia,” kata Andri, Senin (1/6/2020) malam.

Kapolres Cimahi, AKBP Mochamad Yoris Maulana Yusuf Marzuki menuturkan, produk tersangka ini menyebar di Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan beredar juga di beberapa daerah di Pulau Jawa.

Penjualan dilakukan melalui akun instagram ZETAS.STUFF dengan produk Banana Candy, Nataradja Dance Shiva, dan Bali Indonesia. Yoris menyebut, tersangka PS membeli bahan baku berupa tembakau dan bibit narkotika (synthetic cannabinoid) yang didapat dari akun Instagram @COGODS dengan harga Rp16,5 juta.

“Biasanya pembeli memesan dan diantarkan langsung dengan pola COD (Cash on Delivery),” ujar Yoris.

Penangkapan kedua tersangka dilakukan di pada Minggu (31/5/2020) dini hari di Jalan Pasir Kaliki, Kelurahan Pasir Kaliki, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi. PS saat itu tengah mengatarkan 5 plastik bening berisikan tembakau sintetis kepada anggota polisi yang menyamar sebagai pembeli.

Setelah itu, dilakukan pengembangan kasus ke Jalan Gang Warna Cinta, Kelurahan Cibaduyut, Kecamatan Bojongloa Kidul, Kota Bandung dengan mengamankan DS.

“Di kamar kontrakannya, ditemukan barang bukti berupa tembakau sintetis diduga mengandung narkotika hasil produksi, alat bantu untuk memproduksi sabu, seperangkat alat untuk mengemas membungkus tembakau sintetis,” tuturnya.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/dIFa8Er_2KE" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers