web analytics
  

Cirebon dan Indramayu Perpanjang Masa Belajar di Rumah

Selasa, 2 Juni 2020 10:27 WIB Erika Lia
Umum - Regional, Cirebon dan Indramayu Perpanjang Masa Belajar di Rumah, Virus Corona, Status Darurat Corona, Siaga Corona, Covid-19, korban corona, berita cirebon, cirebon hari ini, ayocirebon

Ilustrasi belajar di rumah. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

CIREBON, AYOBANDUNG.COM -- Masa belajar di rumah bagi pelajar di Kota Cirebon kembali diperpanjang. Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis menyebut, perpanjangan kembali masa belajar di rumah berlaku sejak 30 Mei 2020.

Namun, pihaknya belum membatasi waktu perpanjangan tersebut. "Untuk mencegah penyebaran Covid-19, masa belajar di rumah kembali diperpanjang dari 30 Mei 2020 hingga diterbitkannya surat edaran lebih lanjut," katanya.

Surat edaran dimaksud berupa Surat Edaran (SE) dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Kementerian menilai, kondisi yang berkembang sejauh ini masih belum memungkinkan bagi pelajar untuk mengikuti pendidikan di sekolah.

SE dari Mendikbud menjadi dasar Pemkot Cirebon untuk menerbitkan SE Wali Kota Cirebon Nomor 443/Disdik Tentang Penyesuaian Pelayanan Penyelenggaraan Pendidikan Dalam Rangka Pencegahan Penularan dan Penyebaran Infeksi Corona Virus Disease (Covid-19) di Kota Cirebon.

Azis pun kembali meminta guru, tenaga kependidikan, tenaga administrasi/karyawan, maupun siswa untuk mematuhinya dengan benar-benar belajar di rumah.

Dia juga meminta satuan pendidikan sebagai komponen masyarakat terdidik untuk meningkatkan sosialisasi tentang pencegahan penyebaran Covid-19 kepada seluruh warga sekolah dan masyarakat.

"Selalu menjaga kesehatan dan kebersihan, tak beraktivitas di luar rumah, kecuali sangat penting, serta selalu menjaga jarak," imbaunya.

AYO BACA : Nenek Kuras Tabungan untuk Beli HP Agar Cucu Bisa Belajar Online

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon, Irawan Wahyono mengemukakan, selama masa belajar di rumah, satuan pendidikan masih berfungsi melayani kebutuhan publik, seperti legalisasi ijazah dan lainnya.

"Kepala sekolah bisa mengatur piket secara proporsional," jelas dia.

Menurutnya, paling banyak 30% dari guru, tenaga kependidikan, dan karyawan sekolah diutamakan melayani kebutuhan publik, petugas kebersihan, dan petugas keamanan.

Dia pun mengingatkan, pelaksanaan piket tetap harus mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Selain Cirebon, pelajar di Kabupaten Indramayu pula kembali harus belajar di rumah. Kebijakan itu diagendakan berlaku hingga 18 Juni 2020.

Rencana itu dituangkan dalam Surat Edaran Nomor 420/1292-Sekret tentang Perpanjangan Kegiatan Masa Belajar di Rumah yang ditandatangani Pelaksana Teknis (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, Caridin, bertanggal 29 Mei 2020.

"Kegiatan belajar di rumah bagi siswa di Indramayu diperpanjang sampai 18 Juni 2020," ungkap Caridin.

AYO BACA : Pedagang Positif Covid-19, Pasar di Kabupaten Cirebon Akan Ditutup Rabu

Namun, perpanjangan masa belajar di rumah tetap akan mengikuti perkembangan kasus Covid-19 maupun keputusan pemerintah pusat.

Pihaknya berharap, selain pelajaran umum, guru memberikan pula pengetahuan pencegahan penyebaran Covid-19 kepada siswa selama masa belajar di rumah.

Salah satu upaya mencegah penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 sendiri, dapat dilakukan melalui penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Pemberian tugas diharapkan diarahkan pada pengembangan karakter. Secara umum, bentuk-bentuk tugas yang memberatkan siswa dan orang tua disarankan dihindari.

Usai masa belajar di rumah, agenda pendidikan berikutnya diketahui berupa rapor siswa pada 19-20 Juni 2020. "Pembagian rapor harus dilakukan dengan memberlakukan protokol pencegahan Covid-19," tegasnya.

Siswa pun akan memasuki libur akhir tahun pelajaran 2019/2020 mulai 21 Juni 2020 hingga 12 Juli 2020. Sementara, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2020/2021 akan dilakukan sesuai petunjuk teknis PPDB yang mengikuti protokol pencegahan Covid-19.

Dalam ketentuan itu, siswa dan orang tua dilarang berkumpul secara fisik di sekolah.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/3Zbv7KHomwM" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

AYO BACA : New Normal, Sejumlah Objek Wisata Budaya di Cirebon Dibuka Hari Ini

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers