web analytics
  

Akibat Covid-19, Lionel Messi Sebut Sepakbola Berubah

Senin, 1 Juni 2020 20:24 WIB

Lionel Messi. (Reuters)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Di tengah persiapan bersama Barcelona jelang restart alias digulirkannya kembali kompetisi Liga Spanyol musim 2019/2020, megabintang sekaligus kapten Barcelona, Lionel Messi kembali bicara soal pandemi global Virus Corona (COVID-19) yang tengah menghantui dunia saat ini.

Menurut penyerang berusia 32 tahun berjuluk La Pulga itu, sepakbola ke depannya takkan pernah sama lagi karena Virus Corona, seperti halnya kehidupan secara general.

Dalam wawancara dengan El Pais, Messi mengungkapkan pandangannya ihwal 'new normal' alias kenormalan baru dalam sepakbola.

"Saya pikir ada banyak hal negatif dalam krisis ini, tetapi tidak ada yang lebih buruk daripada kehilangan orang yang paling Anda cintai. Itu membuat saya sangat frustrasi, dan hal yang paling tidak adil menurut saya," ucap Messi, seperti disitat dari Eurosport, Senin (1/6/2020).

"Hampir semua orang dibuat ragu, bagaimana dunia berjalan setelah apa yang telah terjadi. Selain terkurung dan situasi yang mengejutkan ini, banyak juga orang yang mengalami kesulitan dengan cara yang bermacam-macam, salah satunya mereka yang kehilangan keluarga dan teman-temannya, bahkan sampai tak bisa melihatnya," sambung pilar Timnas Argentina itu.

"Soal sepakbola, seperti halnya kehidupan secara luas, pasti tidak akan pernah sama lagi. Ke depannya itu, senormal-normalnya pasti ada sesuatu yang berubah, berbeda dengan yang selama ini kita kenal sebelum-sebelumnya," celoteh Messi.

"Kembali latihan, kompetisi, dan apa yang sebelumnya dilakukan dengan cara wajar, sekarang harus dimulai lagi, tetapi secara progresif," tutur penyerang jebolan akademi Newell's Old Boys dan Barcelona itu.

"Ini menjadi situasi yang aneh bagi kami para pelaku sepakbola, dan bagi siapa saja yang harus mengubah dinamika kerja mereka yang seperti biasanya dilakukan. Efeknya memang amat masif," keluh La Pulga.

Soal kenormalan baru di sepakbola sendiri, yang paling ekstrem tentunya adalah laga-laga dihelat tanpa penonton di stadion.

Liga Spanyol 2019/2020 yang menyisakan 11 matchweek lagi pun bakal menggelar keseluruhan pertandingan secara tertutup hingga musim rampung.

La Liga bakal restart mulai 12 Juni 2020 dini hari WIB nanti, dengan menggelar partai Derby Andalusia antara Sevilla kontra Real Betis.

Barcelona sendiri bakal tampil pada 14 Juni dini hari WIB, di mana Messi dan kolega akan menyambangi Estadi de Son Moix untuk menantang tuan rumah Real Mallorca.

Messi sendiri sudah mulai menjalani latihan bersama rekan-rekannya di Barcelona. Latihan sudah bisa digelar, sebagai persiapan kembalinya Liga Spanyol, yang direncanakan bisa dilanjutkan pada 11 Juni 2020.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers