web analytics
  

Saran Robert untuk Kompetisi Usai 2 Pemain Muda Persib Dipanggil Timnas

Senin, 1 Juni 2020 15:07 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Pelatih Persib Robert Alberts. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pelatih Persib Bandung Robert Alberts menyambut positif pemanggilan 2 pemain muda Persib, Beckham Putra dan Erlangga Setyo, ke Tim Nasional Indonesia untuk mengikuti seleksi Timnas U-19.

Robert menilai, Beckham dan Erlangga merupakan talenta muda potensial yang dimiliki Indonesia. Bahkan dia menilai Beckham telah menunjukkan kemampuannya sebagai pemain profesional bersama tim senior Persib.

Beckham dan Erlangga mengikuti training camp (TC) virtual untuk persiapan menghadapi Piala Asia 2020 dan Piala Dunia U-20 2021. Pemusatan latihan virtual digelar sejak 14 Mei 2020.

Sebelumnya pelatih timnas Shin Tae-yong memanggil 44 pemain untuk mengikuti seleksi pemain.

"Saya rasa bukan hanya Beckham yang dipanggil, kami punya pemain lain yang mewakili Persib yang mendapat panggilan (Erlangga Setyo). Kami juga memberikan dukungan penuh kepada Beckham dan Erlangga untuk mewakili nama Persib dan membuat bangga Indonesia," kata Robert melalui sambungan telepon.

Karena itu, Robert berharap Liga 1 2020 bisa kembali bergulir usai terimbas pandemi. Menurut Robert, hal itu menjadi jalan agar para penggawa timnas seperti Beckham dan Erlangga bisa tampil dengan performa terbaik.

"Di tim nasional ada perbedaan program latihan dan juga mereka sempat menghentikan agenda latihan. Sekarang juga belum diketahui kapan dan di mana timnas akan berlatih, jadi itu kenapa kami, Persib Bandung, baik itu pemain dan ofisial ingin liga dimulai kembali karena itu penting bagi tim nasional, baik itu tim senior maupun tim muda," katanya.

Dalam persiapan ini, Robet juga menyebut, match fitness sangat dibutuhkan para pemain untuk kembali pada top performa usai libur panjang.

Robert mengatakan, untuk mengembalikan match fitness ini diperlukan sebuah liga yang kompetitif.

"Karena pemain harus mengembalikan match fitness mereka. Itu penting, negara lain sudah siap untuk memulai lagi liga mereka dan kondisi pemain akan kembali didapat," katanya.

Oleh sebab itu, Robert menyampaikan opininya terkait kelanjutan kompetisi. Robert menilai opsi turnamen pengganti liga dinilai bukan solusi terbaik. Menurut Robert, sebuah turnamen akan memiliki rentan waktu yang cukup berdekatan antara pertandingan satu dan lainnya. Hal ini yang akan membuat para pemain ynag tergabung bersama timnas menjadi kelelahan.

"Turnamen akan terlalu banyak laga (dalam waktu berdekatan) dan juga skemanya terlalu cepat, selain itu turnamen bukan kompetisi resmi. Sedangkan liga memberikan kesempatan pemain untuk tampil, memulihkan kondisi, dan bersiap melakukan persiapan laga berikutnya. Jadi akan sangat bagus bagi Beckham dalam hal persiapan baginya menjadi lebih tangguh di tim nasional," ujarnya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers