web analytics
  

5.000 Warga Cimahi Ditarget Lakukan Swab test

Senin, 1 Juni 2020 12:29 WIB Tri Junari

[Ilustrasi] Warga di area Pasar Baru, Kabupaten Indramayu, menjalani tes swab massal. (Istimewa)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Kesehatan Kota Cimahi memasang target swab test Coronavirus Disease (Covid-19) bagi 5.000 warga Cimahi. Angka itu merujuk 1% dari total populasi 580.000 jiwa penduduk Cimahi.

Sekretaris Dinkes Kota Cimahi Chanifah Listyarini mengatakan, swab test dilakukan menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mengetahui peta penularan Covid-19.

AYO BACA: Virus Corona Covid-19 Menyebar Lewat Makanan Kemasan, Benarkah?

AYO BACA: Tangkal Covid-19 dengan Mengonsumsi Ubi Ungu

AYO BACA: 8 Cara Mencegah Virus Corona Covid-19 Saat Keluar Rumah

"Harapan kami minimal itu kita target mudah-mudahan bisa 1 persen saja dari jumlah penuduk. Kurang lebih 5.000 lebih itu target kami untuk dilakukan PCR supaya tahu peta penularan," ujarnya saat ditemui, Senin (1/6/2020).

Sejauh ini, kata Rini, sapaan Chanifah Listyarini, swab test baru menyasar sekitar 900 orang lebih atau sekitar 0,15 persen dari total keseluruhan penduduk Kota Cimahi. Metode tersebut sudah menyasar berbagai elemen.

Mulai dari pasar tradisional, pemudik, tenaga kesehatan, pendaftar lewat Pikobar, Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) hingga kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

"Kurang lebih baru 900 atau lebih di 0,15 persen keseluruhan dari total populasi," ucap Rini.

AYO BACA: Pasar Cisalak Depok Ditutup Usai 4 Pedagang Positif Covid-19

AYO BACA: Sebelum Meninggal, Pedagang Pasar di Bogor Tularkan Covid-19 ke Istri

AYO BACA: Pulang Pergi Jakarta, Pedagang Sayur Positif Covid-19 dari Indramayu Meninggal

Dikatakannya, swab test masif akan terus dilakukan hingga penularan virus Corona berkurang. Termasuk dalam perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 12 Juni.

"Kita mencegah orang jangan sampai kena, kalau kena jangan sampai meninggal. Tes PCR harus kita kuatkan," kata Rini.

Selanjutnya, Rini meminta partisipasi masyarakat agar mengikuti anjuran dari pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan.

AYO BACA: 5 Cara Mencegah Virus Corona Covid-19 yang Keliru

AYO BACA: 5 Langkah Mencegah Virus Corona di Rumah

AYO BACA: Cara Salam Alternatif untuk Cegah Corona Sesuai Anjuran WHO

Kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan seperti rajin mencuci tangan, mengenakan masker, menjaga jarak hingga menghindari kerumunan.

"Jangan panik, istirahat yang cukup, makanan yang bermutu," imbuhnya.

Hingga saat ini, total terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Cimahi mencapai 85 orang, dengan rincian 51 orang masih dalam tahap positif aktif, 31 orang sudah dinyatakan sembuh dan 3 di antaranya meninggal dunia.

Kasus Covid-19 di Kota Cimahi didominasi usia 40-59 yang mencapai 35 orang, kemudian disusul usia 20-39 sebanyak 33 orang, usia 60-79 sebanyak 13 orang dan usia 0-19 tahun ada 2 orang.

 

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers