web analytics
  

India Terus Perpanjang Lockdown hingga Fase Kelima

Minggu, 31 Mei 2020 22:01 WIB

Ilustrasi lockdown. (Ayobandung.com/Attia Dwi Pinasti)

DELHI, AYOBANDUNG.COM -- India sebagai salah satu negara di Asia yang memiliki kasus Covid-19 terbanyak, kembali memperpanjang masa lockdown. Keputusan tersebut tidak lain sebagai bentuk penanganan kasus virus corona.

Suara.com menyadur Anadolu Agency, Minggu (31/5/2020), Pemerintah india resmi mengumumkan masa perpanjangan lockdown hingga 30 Juni pada Sabtu (30/5/2020). Perpanjangan ini sekaligus sebagai fase kelima yang akan dimulai pada 1 Juni 2020.

Masa perpanjangan lockdown tersebut diterapkan pada wilayah tempat kasus-kasus Covid-19 baru telah dikonfirmasi. 

Kementerian Dalam Negeri india mengatakan semua tempat ibadah, pusat perbelanjaan, hotel dan sektor perhotelan dapat dibuka kembali mulai 8 Juni. Pemerintah juga mengeluarkan pedoman untuk melanjutkan kegiatan terbatas di beberapa daerah secara bertahap.

Pemerintah india juga menyatakan, kegiatan masyarakat mulai pukul 09.00 malam hingga 5.00 pagi akan dilarang di seluruh wilayah india, kecuali untuk urusan yang sangat penting.

Sekolah, perguruan tinggi dan lembaga pendidikan lainnya akan dibuka kembali pada tahap selanjutnya.

Pemerintah belum memutuskan apakah mengizinkan pembukaan kembali bioskop, tempat gym, penerbangan internasional, kolam renang, taman hiburan, bar, auditorium, ruang pertemuan dan tempat-tempat serupa. Tergantung pada perkembangan kondisi.

"Tidak akan ada pembatasan pada pergerakan orang dan barang antar negara dan intra negara. Tidak ada izin/persetujuan/e-izin terpisah akan diperlukan untuk gerakan tersebut," kata pernyataan yang dikeluarkan oleh kementerian dalam negeri india.

Pemerintah india mengumumkan apa yang disebut tindakan lockdown 5.0 ketika india mencatatkan lonjakan kematian harian terbesar yakni 265 kasus akibat Covid-19 pada hari Sabtu (30/5/2020). Sejumlah 7.964 kasus virus corona baru juga tercatat dalam 24 jam terakhir.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/dIFa8Er_2KE" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers