web analytics
  

Melintas Tol Cipularang, Puluhan Kendaraan Dipaksa Putar Balik

Sabtu, 30 Mei 2020 20:19 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Bandung, Melintas Tol Cipularang, Puluhan Kendaraan Dipaksa Putar Balik, Arus balik,gerbang tol padalarang,psbb kbb,polres cimahi,arus balik,arus mudik

Petugas kepolisian melakukan cek poin di gerbang tol Padalarang, Sabtu (30/5/2020).(Ayobandung.com/Tri Junari)

PADALARANGAYOBANDUNG.COM -- Puluhan kendaraan roda 4 yang hendak keluar masuk Kabupaten Bandung Barat (KBB) dipaksa putar balik Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi setelah kedapatan tidak membawa surat izin keluar masuk (SIKM). 

Kanit Patwal Polres Cimahi, Ipda Haga Deo menerangkan, 20 kendaraan diminta putar balik saat melakukan operasi penyekatan di Tol Cipularang KM 110, Padalarang, KBB, Sabtu (30/5/2020).

Penyekatan kendaraan di jalan akses masuk dan keluar KBB merupakan bagian dari upaya pencegahan polisi menjaring masyarakat yang bepergian dari arah Bandung ke Jakarta ataupun sebaliknya tanpa keperluan yang jelas. 

Dalam penyekatan kali ini, petugas memfokuskan pemeriksaan ke sejumlah kendaraan berplat nomor luar Bandung Raya baik yang akan melintas ke gerbang masuk ataupun gerbang keluar tol Padalarang.  

Selain memeriksa identitas para pengendara dan penggunaan masker, petugas juga memeriksa nomor kendaraan dengan mencocokan kota tujuan serta memeriksa surat tugas dan SIKM.

"Kalau tidak memiliki tujuan jelas dan tidak bisa menunjukan surat-surat yang harus dilengkapi maka terpaksa kami putarbalikan arah," ungkap Haga.

Haga menjelaskan, bagi kendaraan yang keluar dari tol Padalarang namun tidak memenuhi syarat maka akan diputarbalikan melalui akses masuk tol Padalarang. 

"Sementara kendaraan yang akan masuk tol Padalarang namun tidak memenuhi syarat maka akan kami putar balikan melalui jalan arteri," terang Haga.

Sedikitnya ada 20 kendaraan yang diputarbalikan arah, baik kendaraan yang akan ke gerbang masuk tol Padalarang ataupun dari gerbang keluar tol Padalarang. 

"Kebanyakan yang kita putarbalikan arah karena mereka tidak memiliki tujuan yang jelas dan tidak memiliki surat-surat yang harus dilengkapi," katanya. 

Penyekatan sendiri, kata Haga, akan digelar selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masih berlangsung di sebagian wilayah hukum Polres Cimahi.

"Selama PSBB masih berlangsung di sebagian wilayah hukum Polres Cimahi maka penyekatan akan dilakukan," tandasnya.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel terkait

dewanpers