web analytics
  

PSBB Kota Bandung Lanjut Sampai 12 Juni, Mal Batal Buka

Jumat, 29 Mei 2020 22:36 WIB Dadi Haryadi
Bandung Raya - Bandung, PSBB Kota Bandung Lanjut Sampai 12 Juni, Mal Batal Buka, Wali Kota Bandung Oded M Danial, Pemkot Bandung, PSBB Kota Bandung Diperpanjang,

Mal di Kota Bandung. (Ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Berdasarkan hasil evaluasi, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Kota Bandung kembali dilanjut hingga 12 Juni 2020. Hal ini menjadikan wacana pembukaan operasional mall dan sejumlah pusat perbelanjaan batal terlaksana.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan, PSBB yang akan diterapkan saat ini adalah PSBB proporsional. Perbedaan dengan PSBB sebelumnya terletak pada pelonggaran operasional sejumlah sektor keagamaan hingga ekonomi.

Namun, mall dan pusat perbelanjaan tidak termasuk di dalamnya. Menurut Oded, pelonggaran tersebut pun akan dilakukan secara bertahap dan terbatas, dimana sektor tersebut hanya boleh beroperasi maksimal 30% dari total kapasitasnya.

AYO BACA : New Normal, 30 Mei Nanti 72 Mal di Jawa Barat Akan Buka Serentak

"Dalam rapat tadi disepakati 30%. Tentu semuanya juga harus disertai protokol kesehatan yang ketat," ungkap Oded di Balai Kota Bandung, Jumat (29/6/2020).

Misalnya, salat berjamaah boleh dilaksanakan dan kantor boleh beroperasi. Namun, tidak seluruh ruangan masjid dan kantor tersebut bisa diisi, melainkan harus diatur untuk hanya difungsikan 30%nya. Adapun mall hingga saat ini masih dinilai sebagai area yang memiliki resiko tinggi dalam penularan Covid-19.

"Di dalam rapat tadi untuk mal dan pusat perbelanjaan masih belum boleh. Masih bertahap, nanti," ungkapnya.

Sebelumnya, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jawa Barat menyebut setidaknya 22 mal di Kota Bandung akan mulai dibuka pada 30 Mei 2020. Pihaknya telah menyampaikan surat usulan pembukaan mal tersebut pada Pemerintah Kota Bandung.

AYO BACA : Nekat Buka saat Pandemi Covid-19, Pemkot Bandung Tutup Paksa Metro Indah Mall

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers