web analytics
  

Begini Suasana Salat Jumat Pertama Setelah Masjid di Kota Bogor Kembali Dibuka

Jumat, 29 Mei 2020 14:47 WIB Husnul Khatimah
Umum - Regional, Begini Suasana Salat Jumat Pertama Setelah Masjid di Kota Bogor Kembali Dibuka, new normal, corona, psikolog, hidup new normal, bogor

Begjni Suasana Salat Jumat Pertama Setelah Masjid di Kota Bogor Kembali Dibuka. (Ayobogor.com/Husnul)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Kota Bogor menjadi salah satu kota yang mengizinkan kegiatan keagamaan di rumah ibadah kembali diaktifkan. Hari ini adalah hari pertama rumah ibadah kembali buka sejak keluarnya surat edaran Wali Kota Bogor tentang protokol kesehatan di rumah ibadah. 

Di hari pertama itu, salah satu masjid di Kecamatan Bogor Barat yakni Masjid Baitur Ridwan kembali menggelar Salat Jumat. Pantauan di lapangan sekira sejak pukul 11.00 WIB jemaah terus berdatangan.

Berbeda dengan sebelum merebaknya Covid-19, ibadah di salat Jumat kali ini disertai dengan protokol kesehatan yang ketat. Pemeriksaan dilakukan mulai dari cek suhu tubuh di pintu gerbang masjid hingga cuci tangan menggunakan hand sanitizer dan melewati bilik disinfektan.

Tak hanya itu, di dalam masjid shaf salat jemaah tak lagi serapat dikala waktu normal. Setiap orang yang memasuki masjid harus menjaga jarak sekira satu meter. Hal ini juga dilakukan saat salat berlangsung.

Meskipun dengan protokol kesehatan yang ketat, keputusan diizinkannya kembali beribadah di masjid itu disambut antusias oleh umat yang telah rindu ke masjid. Hal itu terlihat dari jumlah jemaah yang meluber hingga ke halaman masjid.

Perasaan berbeda dirasakan oleh jemaah saat masjid kembali buka. Meskipun dirasakan tak seperti biasanya namun kerinduan akan salat di tempat ibadah seolah menjadi pendorong untuk lebih khusyuk saat Salat.  

"Setelah lama tidak jumatan rasanya begitu berbeda, ada haru dan senang, saya jujur berkaca-kaca saat salat," ujar Doni (37) salah seorang jemaah. 

Perasaan penuh haru juga dirasakan oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya yang mengaku emosional bisa kembali salat di masjid. 

"Agak emosional terharu sekali karena sudah lama tidak dengar iqomah di masjid, sudah lama gak jamaah di masjid itu rasanya sukar diungkapkan dengan kata-kata," kata Bima. 

Dia berharap kembali diaktifkannya masjid dapat memudahkan langkah untuk memerangi Covid-19.

"Mudahan ini ikhtiar kita memohon kepada Allah agar Kota Bogor ini cepat keluar dari corona dengan diikuti patuhnya warga dengan protokol kesehatan," kata Bima. 

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers