web analytics
  

Manfaat Kemajuan Teknologi dalam Mempelancar Ibadah Puasa

Jumat, 29 Mei 2020 13:51 WIB Netizen Agus Rianto
Netizen, Manfaat Kemajuan Teknologi dalam Mempelancar Ibadah Puasa, Manfaat, Kemajuan Teknologi, teknologi, Mempelancar, Ibadah, Puasa,

Ilustrasi. (Pixabay)

AYOBANDUNG.COM -- Bulan Ramadan adalah bulan mulia yang sangat istimewa di dalam kehidupan umat Islam. Bulan tersebut memberikan ganjaran yang berlipat-lipat tak terhingga banyaknya bagi umat Islam yang mengisinya dengan berbagai amal ibadah yang didasari rasa ikhlas.

Dengan munculnya berbagai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tenyata kemajuan teknologi itu membawa manfaat positif bagi orang Islam dalam memperlancar ibadah puasa Ramadannya, sehingga ibadah puasa terasa lebih lancar.

Islam dan Teknologi

Manusia tidak bisa membendung datangnya kemajuan zaman. Hal itu merupakan sesuatu hal yang biasa dalam kehidupan masyarakat. Ini ciri-ciri datangnya era globalisasi yang salah satunya adalah menghasilkan kemajuan berbagai teknologi.

Islam ternyata sejak dulu malah mendorong berbagai kemajuan dan mendorong manusia untuk menciptakan berbagai kemajuan ilmu pengetahuan. Islam mengharuskan umat manusia untuk selalu belajar untuk menciptakan berbagai hal-hal yang bermanfaat untuk kehidupan manusia. Lihatlah dalam Al-Qur’an S. Al ‘Alaq ayat 1-5 yang intinya mewajibkan manusia untu mempelajari berbagai ilmu serta menghasilkan berbagai kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang berguna bagi sesama.

Manfaat Kemajuan Teknologi di Bulan Ramadan

Dalam kaidah Maslalah Mursalah ilmu Fikih dikatakan, bahwa orang Islam diperbolehkan menggunakan hasil-hasil kemajuan ilmu pengetahuan untuk mempermudah melaksanakan urusan sehari-harinya, sepanjang hal itu tidak bertentangan dengan hukum Syariah yang umum.

Sebagai contoh, orang Islam tidak dilarang menggunakan berbagai kemajuan teknologi untuk mempermudah urusan ibadah dan muamalahnya, sepanjang tidak hal itu tidak bertentangan dengan Al Qur’an dan Hadist ( Alfi Ubaidilllah, Kompasiana.com).

Banyak hasil kemajuan teknologi di era globalisasi ini yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Muslim untuk memperlancar ibadah puasa Ramadannya. Beberapa diantaranya : (Beritatagar.id) :

1. Teknologi yang memudahkan mencari materi religius

Sekarang ini tidak sedikit web site-web site berisi ceramah-ceramah keagamaan yang mudah diakses oleh orang Islam untuk mendalami ajaran Islam.

2. Teknologi yang mempermudah membayar ZIS

Masyarakat muslim di bulan Ramadan bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang mempermudah untuk membayar Zakat, Infak dan Shadaqah (ZIS). Banyak BAZNAS dan LAS yang membuka akses pembayaran ZIS scara Online yang mempermudah orang Islam membayar Zakat, Infak dan Shadaqahnya.

3. Mencari tempat berbuka di luar

Ternyata kemajuan teknologi pun menghasilkan perangkat yang berguna bagi seorang Muslim untuk mencari tempat berbuka puasa di luar. Mungkin saja seseorang yang sedang berpuasa ingin sekali-kali berbuka di luar rumah. Dengan kemajuan teknologi di era globalisasi ini seorang Muslim bisa mencari tempat buka puasa di luar secara online.

Hasil sebuah penelusuran tentang "dining" (bersantap di luar) pada beberapa tahun yang lalu menunjukkan bahwa terdapat penambahan 20 persen dalam hal minat berbuka puasa diluar selama Ramadan 2017 dibandingkan dengan bulan-bulan lain. Sementara itu, restoran cepat saji telah menjadi pencarian utama untuk berbuka puasa dengan peningkatan pencarian hingga 1,6 kali.

Itulah beberapa contoh hasil kemajuan teknologi yang bisa dipakai untuk memperlancar ibadah umat Islam, dalam hal ini memperlancar ibadah puasa di bulan Ramadan yang bisa menjadi berkah bagi yang berpuasa. Masih banyak lagi kemajuan teknologi yang bermanfaat bagi umat Islam untuk memperlancar ibadah puasanya.

Dengan demikian, Islam memperbolehkan kemajuan teknologi digunakan untuk mempelancar urusan ibadah dan muamalahnya, termasuk memperlancar ibadah puasa Ramadan.

***

Agus Rianto, Pengajar FH UNS Solo.

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: Redaksi AyoBandung.Com

terbaru

Interpretasi dalam Geowisata

Netizen Kamis, 17 Juni 2021 | 19:40 WIB

Daya tarik geowisata Jawa Barat adalah jawaranya.

Netizen, Interpretasi dalam Geowisata, Interpretasi,geowisata,Jawa Barat

Akankah Bandung Jadi Kota Gurun?

Netizen Kamis, 17 Juni 2021 | 10:00 WIB

Sekitar 50 tahun terakhir ini, Kota Bandung telah kehilangan banyak pohon.

Netizen, Akankah Bandung Jadi Kota Gurun?, Bandung,Kota Gurun,degradasi lahan,Banjir Bandang

Koresponden Bintang Hindia

Netizen Rabu, 16 Juni 2021 | 13:07 WIB

Koresponden Bintang Hindia

Netizen, Koresponden Bintang Hindia, kartawinata,raden kartawinata,koresponden bintang hindia,pers,wartawan

Peran Psikolog Forensik dalam Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak

Netizen Senin, 14 Juni 2021 | 22:15 WIB

Lalu apa saja peran yang dapat dilakukan oleh Psikolog Forensik saat melakukan pendampingan anak korban kekerasan seksua...

Netizen, Peran Psikolog Forensik dalam Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak, Psikolog Forensik,Kasus,kekerasan seksual,Anak,anak di bawah umur

Menolak Lupa, Paket Album Super Junior Mamacita yang Dicurigai Berisi...

Netizen Jumat, 11 Juni 2021 | 13:05 WIB

Pada Oktober 2014, sebuah laporan menyatakan ada penemuan paket diduga bom di Jatinegara, Jakarta Timur.

Netizen, Menolak Lupa, Paket Album Super Junior Mamacita yang Dicurigai Berisi Bom, Paket Album Super Junior,Mamacita,Bom,Super Junior,ELF

Menurunkan Angka Kematian Ibu

Netizen Kamis, 10 Juni 2021 | 17:15 WIB

Permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini berkaitan dengan kaum ibu adalah masih tingginya angka kematian ibu...

Netizen, Menurunkan Angka Kematian Ibu, Angka Kematian Ibu,AKI,Ibu

Menyoal Penggantian Nama Jalan Tol Japek

Netizen Kamis, 10 Juni 2021 | 14:40 WIB

Penggantian nama jalan Tol Japek (Jakarta— Cikampek) jadi hal yang patut diperdebatkan.

Netizen, Menyoal Penggantian Nama Jalan Tol Japek, Penggantian Nama Jalan Tol Japek,Tol Japek,Tol Japek (Jakarta— Cikampek),Jalan Layang Syeikh Mohammed Bin Zayed,Jalan Tol Layang Japek

Menikahkan Anak

Netizen Rabu, 9 Juni 2021 | 13:55 WIB

Dua tahun setelah diangkat menjadi zelfstandig patih Sukabumi, Raden Kartawinata mulai menikahkan anak-anaknya.

Netizen, Menikahkan Anak, Raden Kartawinata,Raden Kartawinata mulai menikahkan anak-anaknya,Raden Soeria Karta Negara,Soeria Karta Legawa

artikel terkait

dewanpers