web analytics
  

Wajib Tahu, Ini 6 Tanda Kekebalan Tubuh Melemah!

Jumat, 29 Mei 2020 12:54 WIB

[Ilustrasi] Stres, salah satu tanda kekebalan tubuh melemah. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Saat pandemi Covid-19, pada kondisi tertentu kekebalan tubuh melemah. Entah karena menderita penyakit tertentu, kondisi lingkungan, atau kelainan pada sistem imun tubuh.

Di saat seperti itu, tubuh akan memberikan semacam tanda peringatan.

Dilansir dari Penn Medicine, inilah 6 tanda kekebalan tubuh melemah:

1. Stres

Pernahkah Anda merasa lebih mudah jatuh sakit setelah mengerjakan satu proyek besar di tempat kerja, atau ketika menghadapi kondisi yang menguras emosi? Menurut sebuah laporan dari American Psychological Association, stres jangka panjang dapat melemahkan respons sistem kekebalan tubuh.

"Itu karena stres menurunkan limfosit tubuh, sel darah putih yang membantu melawan infeksi. Semakin rendah kadar limfosit Anda, semakin Anda berisiko terkena virus," kata Nadia Hasan, seorang dokter di Delancey Internal Medicine.

2. Bolak-balik pilek

Sangat normal bagi orang dewasa mengalami pilek sebanyak dua atau tiga kali setiap tahun.

"Saat pilek, sistem kekebalan tubuh membutuhkan waktu tiga hingga empat hari untuk mengembangkan antibodi dan melawan virus," kata Dr Hasan.

Namun, jika Anda terus-menerus terserang pilek atau terserang—flu yang tidak akan pernah sembuh—itu jelas pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang lemah.

3. Sering mengalami masalah pencernaan

Jika Anda sering mengalami diare, perut kembung, atau sembelit, itu bisa menjadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda terganggu.

Penelitian menunjukkan bahwa hampir 70% sistem kekebalan tubuh seseorang berada di saluran pencernaan. Bakteri dan mikroorganisme baik yang hidup di sana melindungi usus Anda dari infeksi dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Saat jumlah bakteri baik menurun, Anda berisiko terhadap serangan virus, peradangan kronis, dan bahkan gangguan autoimun.

4. Luka yang lama sembuh

Kulit Anda akan memperbaiki dirinya sendiri setelah terluka atau tergores. Tubuh Anda bekerja untuk melindungi luka dengan mengirimkan darah yang kaya nutrisi ke luka untuk membantu meregenerasi kulit baru.

Proses penyembuhan ini tergantung pada sel-sel kekebalan yang sehat. Tetapi jika sistem kekebalan Anda lamban, kulit pun akan lambat beregenerasi, dan membuat luka Anda bertahan lama dan sulit disembuhkan.

5. Sering mengalami infeksi

Jika Anda mengalami infeksi, sistem kekebalan tubuh mungkin sedang mengirimi Anda tanda bahaya.

American Academy of Allergy Asthma & Immunology melaporkan bahwa tanda-tanda kemungkinan defisiensi imun pada orang dewasa termasuk:

  • Mengalami lebih dari 4 infeksi telinga dalam satu tahun
  • Mengalami pneumonia 2 kali selama periode satu tahun
  • Menderita sinusitis kronis atau lebih dari 3 episode sinusitis bakteri dalam setahun
  • Membutuhkan lebih dari 2 jenis antibiotik setahun

6. Anda merasa lelah sepanjang waktu

Jika Anda sudah cukup tidur dan masih menderita kelelahan, mungkin itu pertanda sistem kekebalan tubuh Anda melemah.

Ketika sistem kekebalan tubuh Anda tengah berjuang, tingkat energi Anda akan ikut terkuras.

"Itu karena tubuh Anda sedang berusaha menghemat energi untuk bahan bakar sistem kekebalan tubuh Anda sehingga dapat melawan kuman," kata Dr Hasan.

Nah, setelah Anda tahu kekebalan tubuh sedang melemah, segeralah beri perhatian ekstra pada sistem kekebalan tubuh Anda. Beberapa perubahan gaya hidup dan kebiasaan baru, secara alami dapat menjaga sistem kekebalan Anda kuat dan sehat, seperti:

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers