web analytics
  

7 Manfaat Jalan Kaki 15 Menit, Termasuk Turunkan Tekanan Darah

Kamis, 28 Mei 2020 15:32 WIB

[Ilustrasi] Jalan kaki untuk meningkatkan kesehatan. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Rutin jalan kaki selama 15 Menit bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya menurunkan dan menormalkan tekanan darah.

Dengan jalan kaki, Anda akan memperpanjang hidup Anda tujuh tahun dan menyeimbangkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Sanjay Sharma, profesor penyakit jantung bawaan dalam kardiologi olahraga di Rumah Sakit Universitas NHS Foundation Trust di London mengatakan, proses penuaan tidak dapat dihindari. Namun, ada cara bagi kita semua untuk menundanya, dan yang perlu dilakukan adalah aktif secara fisik.

Aktivitas fisik akan membantu menjadi bugar dan sehat di usia 70-an dan bahkan memperpanjang hidup Anda hingga 90-an.

Jika Anda berjalan kaki secara teratur, inilah perubahan luar biasa yang akan dialami oleh tubuh, seperti dilansir dari HL-house.

1. Tekanan darah

Untuk menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap normal, pastikan Anda berjalan kaki setiap hari.

2. Pencernaan

Tara Aleichem, seorang ahli fisioterapi terkenal, telah menemukan bahwa jalan kaki dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan Anda.

3. Mobilitas

Untuk meningkatkan mobilitas, pastikan Anda berjalan kaki setiap hari. Ini penting terutama bagi mereka yang menderita penyakit jantung. American Heart Association menyatakan, jalan kaki sangat penting bagi penderita sakit jantung.

4. Tulang kuat

Aktivitas fisik dapat meningkatkan kepadatan tulang dan membuatnya lebih kuat. Jika Anda berjalan kaki secara teratur, Anda akan memiliki risiko lebih rendah terkena osteoporosis.

5. Kinerja kognitif

Menurut penelitian terbaru, kinerja kognitif akan meningkat pada individu dari semua kelompok umur dengan hanya jalan kaki.

6. Umur panjang

Anda akan hidup lebih lama jika berjalan kaki setiap hari.

7. Suasana hati

Untuk mengatasi kemarahan, cobalah jalan kaki selama 20 menit. Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 juga menunjukkan bahwa jalan kaki 20 menit dapat meningkatkan kepercayaan diri para peserta.

Di sisi lain, meskipun jalan kaki adalah hal yang cukup mudah bagi kebanyakan orang, Anda harus membuatnya nyaman dengan mengenakan sepatu dan pakaian yang nyaman dan ringan. Berjalan kaki di hari yang panas dan terik bisa berdampak buruk bagi Anda, jadi pastikan Anda menghindarinya.

Sebelum berjalan, pastikan Anda minum banyak air. Anda juga bisa membawa botol air selama jalan kaki. Jika berjalan kaki sendirian membosankan bagi Anda, ajak saja teman Anda. Mendengarkan musik adalah kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan sambil berjalan kaki. Tempat-tempat yang membuat Anda merasa tenang dan bahagia, sangat cocok untuk menjadi medan jalan kaki.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers