web analytics
  

Rumah Sakit di Selandia Baru Kini Rawat Nol Pasien Covid-19

Kamis, 28 Mei 2020 09:27 WIB

Ilustrasi bendera Selandia Baru. (Shutterstock)

WELLINGTON, AYOBANDUNG.COM -- Pasien Covid-19 terakhir yang dirawat di rumah sakit di Selandia Baru sudah dipulangkan pada Rabu (27/5/2020).

Pasien yang tidak disebutkan namanya itu meninggalkan rumah sakit daerah Auckland ketika negara kepulauan Pasifik tersebut melaporkan tinggal 21 orang yang terinfeksi yang tersisa.

AYO BACA : Selandia Baru Gelontorkan Rp443 Miliar untuk Perusahaan Media Terdampak Corona

Negara itu juga tidak mencatat adanya kasus baru dalam setidaknya lima hari, seperti dilansir dari NY Post. Angka infeksi yang rendah kemungkinan akan membuat Selandia Baru membuka lockdown dalam beberapa minggu.

"Bekerja keras dari awal [dengan langkah-langkah lockdown] telah membuahkan hasil bagi perekonomian, dan sekarang kita hanya perlu melanjutkan tingkat kewaspadaan yang telah membawa kita ke sini," kata Perdana Menteri Jacinda Ardern pada konferensi pers awal pekan ini.

AYO BACA : 5 Kunci Kesuksesan Selandia Baru Lawan Covid-19

"Kami masih dalam pandemi global. Kasus terus tumbuh di luar negeri, dan kami masih menerima orang-orang yang pulang, tetapi sebagian besar, banyak aspek kehidupan dapat dan seharusnya terasa jauh lebih normal," tambah dia.

Selandia Baru - yang dipuji karena responsnya yang cepat dan tegas terhadap pandemi ini - sudah menutup perbatasannya sejak 19 Maret 2020 dan menerapkan aturan tinggal di rumah secara ketat pada minggu yang sama.

Secara keseluruhan, jumlah infeksi baru yang dilaporkan di negara ini tetap stabil dalam beberapa pekan terakhir, tanpa ada kasus baru dalam 5 hari terakhir dan hanya 3 sejak 11 Mei 2020.

Negara itu juga telah melakukan 267.435 tes dan memiliki hampir 200.000 lebih alat tes lain tersedia. Secara total, negara ini telah melaporkan 1.504 infeksi dan 22 kematian, yang tidak meningkat sejak 6 Mei 2020.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/19NrQtXUYSo" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

AYO BACA : 4 Pemimpin Negara Perempuan Ini Dinilai Lebih Unggul Tangani Covid-19

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers