web analytics
  

Bagaimana Cara Lepaskan Anak dari Kecanduan Dot?

Kamis, 28 Mei 2020 02:00 WIB

Ilustrasi bayi mengisap empeng (Pixabay/Ben_Kerckx)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Saat usia tertentu, banyak orang tua mencari cara agar anak berhenti untuk menyusu langsung dari payudara. Salah satu cara yang umum digunakan ialah dengan menggunakan dot atau empeng sebagai penggantinya.

Tapi, jika sudah terlalu lama menggunakannya, si kecil seringkali kecanduan dan sulit untuk dilepaskan. Padahal, jika anak sudah besar, hal itu bisa menjadi kebiasaan yang tidak baik.

Tenang, orangtua bisa menghentikannya kok dengan melakukan cara-cara sebagai berikut mengutip Asia One, Selasa (26/5/2020). Apa saja?

1. Ajak Kerja sama

Karena ini sangat berkaitan dengan balita Anda, jadi ajak dia berkerja sama untuk menghilangkan kebiasaannya. Bicara dengannya secara perlahan lebih membantu daripada secara tiba-tiba langsung melarangnya menggunakan dot.

2. Tetapkan Rencana yang Realistis

Seperti orang yang ingin berhenti merokok seringkali merasa lebih mudah untuk menguranginya secara bertahap, daripada berhenti sekaligus.

Hal yang sama juga perlu dilakukan oleh anak kecil saat ingin menghentikan kebiasaan dotnya. Katakanlah, dia bisa delapan minggu untuk menghilangkan kebiasaan itu secara perlahan dan mantap.

3. Alihkan Pikiriannya dari Dot

Gunakan berbagai strategi untuk menghindarinya untuk meminta dot. Misalnya, Anda dapat mengalihkan perhatiannya dengan mainan favorit atau memegang tangannya dengan lembut sementara Anda berdua menyanyikan lagu bersama.

Apa pun yang membuatnya sibuk akan membantu menghentikan kebiasaan itu.

4. Beri Dia Pelukan

Mungkin cukup sulit bagi anak Anda untuk menghentikan kebiasaan dotnya. Setiap kali Anda melihat dia berhasil melewati waktu tanpa dot, beri tahu dia betapa senangnya Anda. Bahkan beri sedikit apresiasi.

5. Ajarkan Menenangkan Diri

Beri tahu dia cara menenangkan dirinya sendiri selain dengan mengandalkan dot. Ketika dia menangis karena mengantuk dan menginginkan dotnya, taruh dia di tempat tidur dan tenangkan.

Misalnya, dengan mengayunkannya dengan lembut selama beberapa detik setiap kali. Biarkan dia tenang dengan sendirinya. Dia akhirnya akan tertidur tanpa dot.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers