web analytics
  

Tip Bepergian dengan Pesawat di Tengah Pandemi

Rabu, 27 Mei 2020 11:24 WIB
Umum - Nasional, Tip Bepergian dengan Pesawat di Tengah Pandemi, Virus Corona, Status Darurat Corona, Siaga Corona, Covid-19, korban corona, tips naik pesawat

Ilustrasi -- Aktivitas di Bandara Husein Sastranegara, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Kamis (30/1/2020). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia membuat masyarakat harus mengikuti berbagai protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan. Salah satunya ketika bepergian dengan pesawat terbang.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum bepergian naik pesawat terbang di tengah pandemi Covid-19. Berikut beberapa langkah yang harus diikuti agar penerbanganmu tetap aman, seperti yang dilansir dari Times of India.

1. Mempraktikkan jarak sosial

AYO BACA : Lakukan Atraksi untuk Tenaga Medis, Jet Snowbirds di Kanada Jatuh

Beberapa langkah yang diadopsi untuk mencegah penularan Covid-19 saat melakukan penerbangan adalah mempraktikkan jarak sosial dengan membiarkan kursi tengah kosong.

Awak kabin lainnya pun harus mengenakan masker dan pakaian perlindungan diri untuk menghindari infeksi. Pembersihan tangan mutlak harus dilakukan.

2. Tindak pencegahan lain yang bisa diambil

AYO BACA : Pesawat Pembawa Bantuan Covid-19 Alami Kecelakaan di Somalia, Enam Orang Tewas

Meskipun bepergian mungkin bukan tindakan terbaik saat ini, namun banyak orang yang tidak dapat menghindari penerbangan. Berikut adalah beberapa tindakan pencegahan yang harus kamu ambil:

  • Simpan dan bersihkan bagasi yang bisa menjadi permukaan tempat virus menempel
  • Menggunakan pembersih adalah keharusan. Meskipun maskapai penerbangan melakukan pembersihan mendalam secara rutin, tetaplah menggunakan pembersih berkualitas baik setiap saat, mulai dari kursi hingga sandaran kepala. Percayalah pada disinfektanmu sendiri
  • Hindari menyentuh permukaan yang sering disentuh seperti pintu, kenop, dan meja baki
  • Penumpang juga telah diminta untuk menghindari penggunaan toilet dan kamar mandi kecuali sangat diperlukan
  • Jangan menyentuh wajah atau tangan, dan jauhkan diri dari seseorang yang terlihat batuk
  • Jangan melepas masker, kecuali jika ada keadaan yang tidak bisa dihindari
  • Jika memiliki pilihan, pertimbangkan untuk memilih tempat duduk dekat jendela. Penelitian telah menunjukkan bahwa penumpang yang duduk di kursi dekat jendela memiliki kemungkinan paling kecil terkena infeksi
  • Menjaga jarak sosial adalah suatu keharusan
  • Cuci tangan sesering mungkin dan ikuti juga protokol disinfektan yang diperlukan

3. Siapa yang harus menghindari bepergian?

Wanita hamil, anak kecil dan lanjut usia, atau mereka yang termasuk dalam kategori berisiko tinggi disarankan untuk menghindari bepergian.

Jika kamu sakit, atau menunjukkan gejala, atau tinggal di zona bahaya, bepergian dapat memperburuk keadaan bagimu dan rekan kerja.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/Z5tkMXCcoI8" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

AYO BACA : Penumpang Pesawat di Bandara AP II Turun 20,76 Juta Orang

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers