web analytics
  

Cara Memperkuat Paru-Paru di Tengah Pandemi Corona

Rabu, 27 Mei 2020 08:44 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Cara Memperkuat Paru-Paru di Tengah Pandemi Corona, corona, mencegah virus corona, mengobati corona, vaksin corona, paru-paru

Ilustrasi (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Virus corona Covid-19 yang kini sedang mengancam kesehatan global membuat banyak orang memperhatikan kesehatan paru-paru. Sebab, memiliki paru-paru yang cukup kuat sama pentingnya dengan memakai masker demi mengindari penularan virus yang menyerang saluran pernapasan tersebut.

Untuk meningkatkan toleransi CO2 dan menjaga pernapasan saat pergi keluar, dokter Robert Graham di laman Mindbodygreen yang dilansir dari Medical Daily berbagi kiat terbaik untuk memperkuat paru-paru di tengah pandemi corona Covid-19.

1. Olahraga

Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa meskipun olahraga biasanya menyebabkan Anda menjadi terengah-engah, olahraga teratur dapat meningkatkan kekuatan dan fungsi otot Anda.

"Otot-otot Anda akan membutuhkan lebih sedikit oksigen untuk bergerak, dan mereka akan menghasilkan lebih sedikit karbon dioksida.... Ini akan segera mengurangi jumlah udara yang Anda perlukan untuk bernapas masuk dan keluar untuk latihan yang diberikan," kata penelitian itu.

2. Latihan pernapasan

Graham merekomendasikan berlatih pernapasan diafragma, pernapasan perut, dan pernapasan dalam sederhana untuk meningkatkan kesadaran otot diafragma.

Cara ini membuat Anda lebih dekat untuk mencapai kapasitas penuh paru-paru Anda. Untuk melakukannya, anda perlu:

- Hitung berapa lama napas alami Anda, baik masuk maupun keluar.
- Perlahan tambahkan satu hitungan lagi untuk menghirup dan menghembuskan napas Anda.
- Lakukan ini sampai Anda dapat dengan nyaman menghabiskan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi dan mengosongkan paru-paru Anda.

"Mempelajari cara mengendalikan napas atau melakukan pekerjaan hipoksia ... akan meningkatkan toleransi CO2 Anda, yang akan meningkatkan kemampuan Anda untuk mengenakan topeng," kata Brian MacKenzie, Atlet Endurance dan penulis buku terlaris New York Time.

3. Perbaiki postur tubuh

Respirasi dapat dipengaruhi oleh postur tertentu. Untuk mencegah hal ini, berdirilah kuat sambil mengangkat dada dan membuka bagian depan tubuh Anda saat bernapas dalam-dalam. Dan yang paling penting, hindari membungkuk.

4. Tetap terhidrasi

Hidrasi teratur penting untuk pernapasan. Graham menjelaskan bahwa minum air sepanjang hari membantu menjaga lapisan mukosa di paru-paru tetap lembap, ini membantu memperkuat paru-paru membuatnya berfungsi lebih baik.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers