web analytics
  

3 Cara Sehat Hangatkan Makanan Sisa Lebaran

Rabu, 27 Mei 2020 06:45 WIB

Ilustrasi makanan Lebaran. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Lebaran sering kali menyisakan banyak makanan sisa. Menyimpan dan memanaskan makanan dianggap kurang sehat, tetapi kita enggan untuk membuangnya.

Dilansir dari Hello Sehat, berikut adalah beberapa trik agar makanan sisa Lebaran yang dipanaskan tetap sehat.

1. Diamkan makanan sisa yang disimpan di dalam freezer

Jika sebelumnya Anda menyimpan makanan sisa di freezer, maka diamkan dulu makanan tersebut agar suhunya tidak terlalu dingin. Sebab, Anda tidak bisa memanaskannya langsung makanan sisa yang masih beku.

Perlu diingat untuk tidak mengguyurkan air panas ke makanan sisa yang membeku. Sebab mengguyurkan air malah berpotensi memudahkan bakteri berkembang biak lebih cepat di makanan Anda.

Jika ingin lebih cepat, coba letakkan makanan sisa ke dalam wadah. Lalu masukkan wadah tersebut ke dalam baskom berisi air dingin dan diamkan sejenak hingga tidak terlalu panas.

2. Gunakan alat yang tepat

Gunakan alat yang lebih cepat memanaskan makanan, misalnya gunakan microwave atau panci panas. Pada dasarnya Anda bisa menggunakan metode apapun, asal suhunya panas sehingga tidak memakan waktu lama untuk memanaskan makanan.

Memanaskan makanan terlalu lama tentu bisa merusak makanan.

3. Jangan langsung makan makanan yang baru dipanaskan

Jika Anda menggunakan microwave untuk memanaskan makanan, sebaiknya hindari untuk memakannya langsung setelah dikeluarkan dari microwave. Akan lebih baik jika Anda bersabar menunggu kurang lebih tiga menit setelah dikeluarkan.

Cobalah untuk menunggu beberapa menit setelah makanan dipanaskan. Jika menggunakan microwave, makanan akan masak dan matang meski makanan sudah dikeluarkan.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers