web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Hari Raya Idulfitri, Petugas Sampah di KBB Tetap Keluar Rumah

Selasa, 26 Mei 2020 21:34 WIB Tri Junari

Petugas mengangkut sampah. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

PADALARANG, AYOBANDUNG.COM -- Di saat masyarakat lain tetap di rumah selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Hari Raya Idulfitri, ada garda terdepan kebersihan lingkungan yang tetap bekerja memungut sampah.

Staf UPT Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Barat (KBB) Rudi Kuntadi mengatakan, sebanyak 50 orang petugas pengangkut sampah tetap berjibaku membersihkan sampah hingga dini hari.

"Pengangkutan sampah sampai dini hari. Para petugas memiliki komitmen agar pada Idulfitri, lingkungan bersih dari sampah. Minimalnya di jalur protokol," kata Rudi saat dihubungi, Selasa (26/5/2020).

AYO BACA : 861 Petugas Kebersihan Kota Bandung Siap-siap Bersihkan Sampah Idulfitri

Rudi menerangkan, titik pengangkutan sampah ada di Kecamatan Padalarang ,Lembang  Batujajar dan Cihampelas. 2 unit Dum truck,1 tronton, 5 truk, 3 Armada Pengangkut Sampah Liar (APSL) dan 5 motor kaisar diturunkan menyisir sampah. 

Ia mengatakan, satu hari menjelang Idulfitri sampah banyak menumpuk, terutama di pasar. Aktivitas masyarakat yang berbelanja dan memasak yang meningkat memicu peningkatan volume sampah.

"Kalau sehari tidak diangkut tidak hanya sekedar jadi sareukseuk tapi juga menimbulkan bau tidak sedap. Maka dari itulah para petugas kebersihan rela meninggalkan keluarga demi terciptanya lingkungan yang bersih.Terutama di hari yang fitri ini," paparnya.

AYO BACA : Sampah Kota Bandung Turun 70 Ton per Hari Selama PSBB

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers