web analytics
  

Mantan Rektor ITB Prof. Hariadi Soepangkat Meninggal Dunia

Selasa, 26 Mei 2020 18:30 WIB Nur Khansa Ranawati

Mantan Rektor ITB, Prof. Hariadi Soepangkat Meninggal Dunia. (Dok ITB)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Rektor ITB periode 1980-1988, Prof. Hariadi Soepangkat tutup usia pada Rabu (26/5/2020) pukul 09.35. Beliau meninggal dunia di usia ke-87 tahun.

Atas kabar tersebut, keluarga besar ITB berduka cita. Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah mengucapkan bela sungkawa atas kepergian Guru Besar Fisika ITB tersebut.

“Atas nama keluarga besar ITB, saya menghaturkan duka cita yang mendalam kepada keluarga besar bapak Prof. Hariadi Soepangkat. Semoga Allah S.W.T menerima amal ibadahnya dan mengampuni segala dosa-dosanya. Semoga almarhum mendapat tempat yang terbaik dan mulia di sisi Tuhan,” ungkapnya dalam keterangan resminya. 

AYO BACA : Dosen ITB Buat dan Bagikan 200 Liter Hand Sanitizer ke Rumah Sakit

Reini juga berharap agar keluarga almarhum dan pihak yang ditinggalkan dapat diberikan ketabahan. Prof. Hariadi dikenal sebagai sosok yang memiliki berbagai prestasi di bidang Fisika dan pendidikan secara umum.

Almarhum mendapatkan gelar doktor dalam bidang Fisika Zat Padat dari Universitas Purdue, Indiana, Amerika Serikat. Beliau sempat menjabat sebagai rektor ITB selama dua periode, yakni pada 1980-1988. Sebelumnya, pria kelahiran Jakarta tersebut juga pernah menjabat sebagai Dekan FMIPA ITB periode 1977-1981.

Selepas mengemban tanggung jawab sebagai Rektor ITB, Prof. Hariadi kemudian dipercaya untuk menjabat sebagai Ketua Perwakilan RI (Duta Besar) UNESCO di Paris pada 1990-1994. Beliau pun ditunjuk menjadi salah satu anggota tim awal seleksi buku ajar untuk pendidikan di tingkat nasional, yang kemudian berkembang menjadi Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

AYO BACA : ITB Akhirnya Perpanjang Kuliah Online dan Batalkan Wisuda

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers