web analytics
  

Pasien Klaster Pasar Antri Mulai Dirawat, Ini Tahapan Penyembuhan di RSUD Cibabat

Selasa, 26 Mei 2020 15:27 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Cimahi, Pasien Klaster Pasar Antri Mulai Dirawat, Ini Tahapan Penyembuhan di RSUD Cibabat, cimahi, corona, pasar antri, berita cimahi

Ilustrasi (Pixabay)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Dua orang pedagang di Pasar Antri Baru (PAB) Kota Cimahi dinyatakan Positif terpapar Covid-19 berdasarkan hasil swab test pada Sabtu (23/05/2020). 

Dari dua pedagang tersebut, satu diantaranya merupakan warga Setiamanah, Kota Cimahi yang kini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat, Kota Cimahi

Plt Direktur Utama RSUD Cibabat, dr. Reri Marliah menjelaskan, seorang pedagang yang dinyatakan positif Covid-19 dari klaster Pasar Antri beberapa hari lalu, saat ini sudah dirawat dan ditempatkan diruang isolasi khusus.

Sementara bentuk pengobatannya sendiri, kata Reri, terpenting meningkatkan imunitas pasien dengan memberikan suplemen dan vitamin serta pasokan makanan 4 sehat 5 sempurna. 

"Pasien yang dirawat diberikan suplemen seperti yang mengandung Vitamin C, E, Zi, dan D serta makanannya yang tinggi kalori dan tinggi protein," ungkap Reri saat dihubungi, Rabu (26/05/2020). 

Selain itu, lanjut Reri, pasien juga diberikan obat antivirus, yakni Oseltamivir. Obat ini berfungsi untuk simtomatik atau mengurangi gejala Covid-19.  

"Seperti flu, saat minum obat flu bukan berarti menyembuhkan, intinya anti body atau imun kita yang harus bekerja dengan baik. Bagaimana imunitas kita supaya tinggi yaitu kasih makanan yang sehat dan pola hidup yang sehat," terang Reri.

Reri mengatakan, obat Oseltamivir saat ini telah umum digunakan di rumah sakit - rumah sakit bagi penanganan pasien positif Covid-19. 

"Obat antivirus Oseltamivir ini tapi bukan untuk sembarang pasien,  khusus untuk pasien positif Covid," terangnya.

Saat ditanya terkait efek samping dari obat  Oseltamivir mengingat obat Covid-19 secara khusus belum ditemukan, dikatakan Reri, setiap obat kimia pasti ada efek samping. Namun obat Oseltamivir diklaim memiliki efek samping yang cukup minim. 

"Setiap obat itu kan kimia, pasti ada efek samping tapi obat Oseltamivir ini efek sampingnya minimal," tandasnya.

Seperti diketahui, Dinas Kesehatan Kota Cimahi menggelar Swab test kepada 58 pedagang di Pasar Antri Baru (PAB) pada Jumat (15/05/2020). 

Dari hasil swab test yang muncul pada Sabtu (23/05/2020), diketahui dua pedagang dinyatakan positif Covid-19. Sementara sisanya masih menunggu hasilnya yang belum keluar. 

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers