web analytics
  

Pengacara Siap Laporkan Penyebar Video Habib Bahar di Nusakambangan

Selasa, 26 Mei 2020 10:44 WIB
Umum - Regional, Pengacara Siap Laporkan Penyebar Video Habib Bahar di Nusakambangan, Bahar bin Smith, penganiayaan, Lapas Gunung Sindur, Kemenkumham, Nusakambangan

Ilustrasi -- Bahar bin Smith menjalani sidang vonis di Gedung Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung, Jalan Seram, Kota Bandung, Selasa (9/7/2019). (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Sebuah rekaman video terkait kondisi Bahar bin Smith di Lapas Klas I Batu Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah beredar luas di media sosial. Padahal, video tersebut hanya diperuntukkan bagi pihak keluarga dan kuasa hukum.

Kuasa hukum Bahar bin Smith, Ichwan Tuankotta mengatakan, pihaknya masih mempertimbangkan apakah nantinya akan melaporkan oknum penyebar video tersebut atau tidak. Untuk itu, dia berencana untuk terlebih dahulu berdiskusi dengan pihak keluarga Bahar.

"Insyaallah nanti tim kuasa hukum akan bertemu pihak keluarga langkah apa yang akan kita lakukan itu nanti," kata Ichwan kepada Suara.com, Selasa (26/5/2020)

AYO BACA : Mendekam di Nusakambangan, Habib Bahar Dicukur hingga Ditensi Setiap Hari

Menurut Ichwan, keluarga dan lapas telah bersepakat untuk tidak menyebarluaskan video tersebut. Sebab, keluarga khawatir akan ada pihak-pihak tertentu yang akan melecehkan video tersebut.

"Video itu memang kesepakatannya tidak boleh menyebar, karena kami khawatir ada pihak-pihak tertentu akan melecehkan video tersebut, dan memang fakta setelah menyebar video tersebut ada pihak-pihak yang melecehkan Habib Bahar. Untuk itu kami menyeselkan penyebaran video tersebut," ujar Ichwan.

Ichwan berharap dengan beredarnya video tersebut tidak lantas nantinya mengakibatkan sulitnya akses pihak keluarga dan kuasa hukum untuk bertemu Bahar. Apalagi, pada dasarnya setiap tahanan memiliki hak untuk menerima kunjungan.

AYO BACA : Lewat Video, Bahar bin Smith Sampaikan Kondisinya di Nusakambangan

"Kami berharap pihak lapas tidak mempersulit kami Insyaallah. Kami berharap soal penyebaran video itu tidak ada hubungan dengan hak-hak klien kami yang harus dipenuhi. Karna klien kami punya hak juga untuk mendapatkn kunjungan sebagimana ketentuan KUHAP," ujarnya menjelaskan.

Sebelumnya, Bahar bin Smith mengabarkan kondisinya di Lapas Klas I Batu Nusakambangan. Kabar tersebut disampaikan Bahar lewat sebuah video viral di media sosial yang salah satunya diunggahan oleh akun Facebook Enjoy Slurrr, Senin (25/5/2020).

Dalam video tersebut, Bahar terlihat mengenakan pakaian kaos berwarna merah. Bahar juga terlihat berpenampilan baru dengan rambut botak yang tampak ditutupi penutup kepala berwarna merah.

Bahar lantas menyampaikan pesan yang ditujukan kepada pihak keluarga, santri, dan seluruh umat muslim. Dia mengaku kekinian dalam kondisi sehat dan mendapat perlakukan baik dari pihak berwajib selama mendekam di Lapas Klas I Batu Nusakambangan.

"Saya mulai dari pertama kali di pondok pesantren diambil oleh pihak Lapas kemudian dibawa ke Lapas Gunung Sindur, dari Gunung Sindur di bawa ke sini, ke Lapas Batu Nusakambangan. Mulai dari saat itu sampai sekarang, saya berada dalam keadaan sehat walafiat alhamdulillah dan mulai dari saat itu sampai sekarang saya diperlakukan dengan baik," ucap Bahar seperti dikutip Suara.com.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/cizWvSQ9L5k" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

AYO BACA : FPI dan Sejumlah Ormas Desak Habib Bahar bin Smith Dibebaskan

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers