web analytics
  

6 Manfaat Biji Bunga Matahari Alias Kuaci untuk Kesehatan

Selasa, 26 Mei 2020 10:10 WIB
Gaya Hidup - Sehat, 6 Manfaat Biji Bunga Matahari Alias Kuaci untuk Kesehatan, sehat, kuaci, kwaci, biji bunga matahari, manfaat biji bunga matahari,

Biji bunga matahari alias kuaci memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Biji bunga matahari alias kuaci memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ahli gizi Alana Kessler RD merekomendasikan mengonsumsi biji bunga matahari yang organik karena tidak terpapar oleh residu pestisida.

Selain itu, Kessler lebih merekomendasikan biji bunga matahari yang sudah dipanggang kering dibandingkan biji bunga matahari mentah. Seperti sayuran dan biji-bijian mentah lain, biji bunga matahari yang mentah cenderung lebih sulit untuk dicerna tubuh.

AYO BACA: Minum Cukup Air Bisa Cegah Risiko Kegemukan dan Penyakit Lain

AYO BACA: Penyebab Kegemukan Ternyata Bukan Nasi Putih?

AYO BACA: Rutin Berhubungan Badan Bikin Perempuan Gemuk?

"Karena dibutuhkan lebih banyak enzim (pencernaan) untuk memecahnya," ungkap Kessler, seperti dilansir Well And Good, Minggu (24/5/2020).

Kessler mengungkapkan, setidaknya ada 6 manfaat baik dari biji bunga matahari bagi kesehatan. Berikut 6 manfaat kuaci bagi kesehatan.

1. Sumber Lemak Sehat

Seperti alpukat, biji bunga matahari kaya akan lemak sehat. 3 per 4 cangkir sajian biji bunga matahari mengandung 14 gram lemak, yang umumnya adalah lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Kedua jenis lemak ini kerap dikatakan dapat menunjang kesehatan kardiovaskular.

2. Sumber Protein

Biji bunga matahari kaya akan protein. Satu porsi sajian biji bunga matahari mengandung 7 gram protein. Dengan kandungan protein yang tinggi ini, biji bunga matahari cocok untuk dijadikan sebagai salah satu opsi camilan sehat.

AYO BACA: Jangan Sebut Anak Anda ‘Gendut’, Ini Dampaknya

AYO BACA: Orang Gendut Akan Lebih Gendut Jika Diberi Tahu, Loh!

AYO BACA: Kecanduan Operasi Plastik, Wanita Ini Ingin Punya Vagina Gendut

3. Manfaat untuk Otak

Biji bunga matahari dijuluki sebagai "power snack" karena baik untuk kesehatan otak. Biji bunga matahari diketahui mengandung vitamin E yang dapat mencegah brain fog atau kondisi sulit berkonsentrasi dan membantu melindungi otak dari risiko penurunan kognitif dalam jangka panjang.

4. Sumber Magnesium

Kessler mengatakan, biji bunga matahari merupakan sumber magnesium yang baik. Magnesium dapat membantu pemulihan tubuh setelah bekerja keras.

"(Magnesium) membantu otot bekerja dengan baik," jelas Kessler.

5. Memberi Lebih Banyak Energi

Kandungan protein dalam biji bunga matahari sudah dapat memberikan tambahan energi. Biji bunga matahari juga kaya akan selenium dan zat besi. Seleniun juga dapat memberikan tambahan energi bagi tubuh. Sedangkan zat besi diketahui dapat memperlancar aliran darah yang membantu peredaran oksigen di dalam tubuh.

AYO BACA: 8 Manfaat Puasa Menurut Sains, Bantu Diet Secara Sehat

AYO BACA: Ditinggalkan karena Gemuk, Wanita Ini Diet dan Berhasil Balas Dendam

AYO BACA: Ingin Diet Berhasil dan Sehat, Lakukan 4 Hal Ini di Akhir Pekan

6. Baik untuk Sistem Imun

Biji bunga matahari dikenal sebagai sumber zat seng yang baik. Terdapat 7 mg zat seng per satu porsi sajian biji bunga matahari. Jumlah tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh terhadap zat seng.

"Zat seng secara langsung memberikan manfaat bagi sistem imun," jawab Kessler.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/_5jz1TXESqI" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers