web analytics
  

Pastikan PSBB Efektif, Satpol PP Cianjur Tetap Bekerja Saat Lebaran

Senin, 25 Mei 2020 13:09 WIB Muhammad Ikhsan

Petugas Satpol PP Cianjur yang masih bekerja saat Lebaran. (Ayobandung.com/Muhammad Ikhsan)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Di saat orang lain berkumpul bersama keluarga saat Lebaran, petugas Satpol PP dan Damkar di Kabupaten Cianjur tetap harus bekerja mengawasi dan menempelkan stiker sejumlah di kantor dan pertokoan, Selasa (25/5/2020).

“Mau bagaimana lagi kalau sudah tugas, di hari pertama hingga hari ini (Selasa, 25/5/2020) tetap bekerja, mulai membersihkan sejumlah tempat umum, mengawasi hingga menempelkan stiker sesuai dengan surat edaran di masa PSBB,” ujar Kepala Satpol PP dan Dankar Kabupaten Cianjur Hendry Prasetiady pada Ayobandung.com saat dihubungi melalui telepon, Selasa (25/5/2020).

Fasilitas umum seperti Bojongmeron Citywalk, Taman Joglo, Mesjid Agung, dan Taman Prawatasari Joglo turut dibersihkan oleh petugas Satpol PP dengan menggunakan mobil damkar. 

“Usai malam takbiran banyak masyarakat yang memanfaatkan fasilitas umum, meski tidak sebanyak Lebaran tahun lalu. Tapi tetap saja harus dibersihkan, terutama terkait peredaran Covid-19,” katanya.

Ia mengatakan, pengawasan tetap dilakukan karena saat ini masih dalam masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) lanjutan, terutama rumah makan, cafe, toko pakaian, dan mini market yang buka saat Lebaran.

“Kami mengawasi saja dan menghimbau untuk tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19, apabila yang berkerumun kami himbau untuk menjaga jarak,” ucapnya.

Perihal penempelan stiker, Hendry menjelaskan hal itu sesuai dengan surat edaran pemerintah dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap virus infeksi Covid-19 terhadap perkantoran dan pertokoan.

Ada empat warna stiker yang ditempel, warna merah itu artinya ditutup di antaranya untuk toko pakaian, meubeuler, kelontongan, dan konter HP. Warna biru artinya masih bisa buka, tapi di waktu sesuai ketentuan dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB seperti toko makanan dan mini market. 

Warna kuning ditempel di rumah makan, cafe dan sejenisnya yang masih bisa buka dengan ketentuan mulai pukul 10.00 hingga 20.00 WIB. Sedangkan warna hijau unruk perbankan, asuransi, dan apotek yang masih diperbolehkan buka.

“Penempelan stiker ini bukan untuk siapa-siapa, tetapi demi kebaikan warga Cianjur agar terhindar dari infeksi virus Covid-19. Kami berharap semua mematuhi demi kepentingan bersama selama PSBB lanjutan,” ungkapnya.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/YMNQKyEwCuQ" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers