web analytics
  

5 Cara Kendalikan Kolesterol Usai Lebaran

Senin, 25 Mei 2020 11:57 WIB
Gaya Hidup - Sehat, 5 Cara Kendalikan Kolesterol Usai Lebaran, Tips kesehatan, idulfitri, kolesterol

Ilustrasi olahraga. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Hidangan Lebaran identik dengan makanan bersantan yang tinggi lemak. Tak heran kalau kolesterol naik jadi masalah kesehatan yang banyak dialami akibat konsumsi hidangan Lebaran yang berlebihan.

Tapi, Anda tetap bisa mengendalikan kadar kolesterol agar tak melonjak drastis. Kuncinya, aturlah hidangan Lebaran yang Anda konsumsi.

Dirangkum dari Mayo Clinic, berikut 5 cara mengendalikan kolesterol agar tak melonjak:

1. Kendalikan asupan makanan

Mengendalikan asupan makanan sangatlah penting. Dan ingatlah untuk mengonsumsi makanan yang menyehatkan tubuh, yakni dengan mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti daging dan produk susu.

AYO BACA : 5 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol

Kemudian jauhi makanan yang mengandung lemak trans, seperti kue kering. Konsumsi makanan kaya asam lemak omega tiga, seperti ikan salmon, walnut, dan makarel. Lalu tingkatkan asupan serat larut seperti oatmeal, apel, dan pir.

2. Perbanyak olahraga dan aktivitas fisik

Olahraga dapat memperbaiki kadar kolesterol. Dianjurkan melakukan olahraga setidaknya 30 menit selama lima kali dalam seminggu dengan intensitas sedang.

Oleh karena itu, luangkan waktu untuk berolahraga demi menurunkan kadar kolesterol agar tidak melonjak dan berbahaya bagi kesehatan Anda.

3. Berhenti merokok

AYO BACA : Trik Agar Tetap Sehat Saat Santap Hidangan Lebaran

Merokok dapat meningkatkan kolesterol jahat HDL. Apabila Anda masih merokok, ini saatnya untuk belajar berhenti agar tubuh semakin sehat.

Selama 20 menit Anda berhenti merokok, tekanan darah dan detak jantung Anda akan stabil. Tiga bulan setelah berhenti merokok, sirkulasi darah dan fungsi paru membaik, dan setahun berhenti merokok, risiko penyakit jantung turun setengah dari mereka yang masih merokok.

4. Turunkan berat badan

Apabila Anda memiliki berat badan yang berlebihan, hal ini dapat berkontribusi pada naiknya kadar kolesterol. Ganti semua konsumsi makanan Anda dengan yang lebih sehat.

Selain itu, jangan abaikan jumlah kalori yang Anda asup, setidaknya pastikan tetap terjaga dan tidak berlebihan. Perbanyak aktivitas fisik usai Lebaran untuk membantu menurunkan berat badan sekaligus menurunkan kolesterol.

5. Hindari alkohol

Menghindari minuman beralkohol tentu penting dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol. Terlalu banyak alkohol dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius, termasuk hipertensi atau tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan strok.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/cizWvSQ9L5k" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

AYO BACA : Kolesterol Naik Saat Lebaran? Coba Turunkan dengan Makanan ini!

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers