web analytics
  

5 Cara Meningkatkan Umur Baterai Ponsel Android

Senin, 25 Mei 2020 06:51 WIB

Ilustrasi (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Banyak cara bisa dilakukan untuk meningkatkan masa pakai baterai ponsel android. Berikut ini 5 saran berguna untuk menghemat baterai android, dilansir dari Ubergizmo.

1. Copot aplikasi yang tidak perlu

Hampir setiap pengguna android miliki sesuatu yang dipasang yang sering aktif di latar belakang menguras baterai tetapi tidak lagi digunakan. Jadi, jika Anda memiliki aplikasi yang tidak lagi digunakan tetapi mendapatkan pemberitahuan, uninstall itu segera.

Pengguna kerap kali memasang aplikasi tambahan (yang tidak benar-benar diperlukan) untuk membuat ponsel mereka terlihat keren. Misalnya aplikasi lockscreen atau aplikasi pembaca berita yang mungkin tidak pernah dibuka.

2. Sesuaikan kecerahan layar

Semua orang tahu ini, tetapi tidak selalu peduli. Pengguna cukup mengaktifkan kecerahan adaptif pada ponsel cerdas untuk mengoptimalkan masa pakai baterai yang dikonsumsi layar ponsel.

Cukup buka Pengaturan dan arahkan ke menu tampilan untuk menemukan opsi. Meskipun itu mungkin ide baik untuk mengurangi kecerahan ke pengaturan terendah, tetapi itu mungkin membuat mata pengguna stress. Jadi pantau itu, jika pengguna mempertimbangkan untuk melakukan itu.

3. Isi daya baterai telepon dengan cara yang benar

Sebuah studi menemukan pengguna seharusnya tidak membuat perangkat ponsel tetap terhubung saat terisi penuh. Namun juga jangan tunggu sampai baterai turun hingga nol persen. Jika bisa mengikuti tips tersebut, pengguna akan membantu menjaga masa pakai baterai ponsel android.

4. Nonaktifkan WiFi/ data seluler/bluetooth

Biasakan matikan saat tidak membutuhkan WiFi/data seluler/bluetooth. Pengguna juga dapat mencoba mengaktifkan mode pesawat untuk menonaktifkan semuanya dalam satu ketukan.

5. Kelola notifikasi

Terkadang pengguna ponsel cenderung mengabaikan notifikasi aplikasi yang digunakan, namun itu tidak akan berhenti. Suara atau getaran yang berkontribusi pada setiap notifikasi terus menguras baterai di latar belakang.

Pengguna dapat mulai mengelola notifikasi untuk menghemat banyak baterai. Misalnya, pengguna dapat mencoba menonaktifkannya selama periode yang tidak diperlukan atau membungkam/menunda notifikasi tersebut.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers