web analytics
  

Polisi Tangkap 1 Mobil Berisi 15 Pemudik di Gerbang Tol Buahbatu

Sabtu, 23 Mei 2020 12:51 WIB Nur Khansa Ranawati

Ilustrasi Mudik (Ayobandung)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Jelang Idul Fitri, warga yang nekat mudik ke kampung halaman di tengah pandemi menjadi sorotan. Salah satunya seperti yang terjadi di Gerbang Tol Buahbatu Kota Bandung, Sabtu (23/5/2020).

Anggota kepolisian dari Jajaran Polsek Bandung Kidul berhasil menangkap pengemudi dan para penumpang sebuah mobil SUV yang melintas di gerbang tol Buah Batu. Petugas telah mencurigai mobil yang memiliki plat B tersebut.

Kanit Lantas Polsek Bandung Kidul, AKP Fiekry Adi Perdana mengatakan, saat pintu mobil dibuka, pihaknya mendapati mobil disesaki oleh 15 orang. Bahkan, jok depan di samping kursi supir diisi oleh dua orang.

AYO BACA : H-1 Idul Fitri, Angka Positif Covid-19 Jabar Tembus 2.000

Dia mengatakan, saat diperiksa, mayoritas penumpang mengaku berencana pulang ke Sumedang, Garut dan Ciamis. Mereka patungan menyewa mobil agar murah.

"Kalau dari keterangan mereka itu pekerja proyel. Karena belakangan enggak ada pekerjaan, makanya milih pulang kampung dan sewa mobil barengan biar murah," ungkap Fierky ketika dihubungi.

Dia menerangkan, pencegatan dan pemeriksaan mobil tersebut terjadi pada sekitar pukul 07.45. Sebelumnya, mobil tersebut telah sampai di Gerbang Tol Cileunyi, namun diminta putar balik karena ketahuan akan mudik.

AYO BACA : Kemenhub Akui Banyak Warga Gunakan Berbagai Cara Agar Berhasil Mudik

Tak habis akal, sang supir yang merupakan warga Jakarta tersebut kemudian mencari gerbang tol lain dan keluar dari GT Buahbatu. Para petugas yang melakukan pemeriksaan kemudian meminta para pemudik tersebut untuk kembali ke Jakarta.

"Tapi enggak tahu apakah mereka nanti coba lagi keluar dari GT Moh. Toha atau Kopo," ungkapnya.

Selain itu, Fierky mengatakan saat ini sudah cukup banyak kendaraan yang diminta untuk putar balik saat keluar di Bandung dan sekitarnya. Setidaknya ratusan kendaraan telah terjaring pengamanan, mulai dari mobil travel hingga mobil pribadi.

“Untuk di GT Buahbatu itu di bawah 1.000 di atas 500 kendaraan. Alasan mereka mau mudik," jelasnya.

AYO BACA : Penjualan Kebaya Macet, Ivan Gunawan Enggan Hitung Kerugian

Editor: Andres Fatubun
dewanpers