web analytics
  

Lebih Bau Amis, Begini Cara Olah Ayam Kampung yang Benar

Jumat, 22 Mei 2020 11:45 WIB

Ilustrasi penjual ayam kampung. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Opor ayam selalu jadi menu favorit saat Lebaran. Banyak orang percaya masak opor ayam menggunakan ayam kampung lebih bernutrisi dibandingkan dengan ayam negeri. Daging ayam kampung lebih banyak serat, karena mencari makan sendiri.

Jadi, tak heran kalau ayam kampung banyak digemari. Itu juga yang menyebabkan ayam kampung lebih mahal daripada ayam negeri pada umumnya.

AYO BACA : Dijamin Empuk, Intip Trik Masak Daging dengan Metode 5-30-7

Sayangnya, karena ayam kampung cenderung lebih bau amis dibanding ayam negeri, jadi perlu ada trik tersendiri untuk memasaknya.

Executive Chef Prasanthi Hotels and Resort Chef Bahran mengingatkan untuk jangan lupa mencuci ayam dengan bersih dan dicampur garam

AYO BACA : Begini Cara Memasak Daging Ayam Agar Bebas dari Bakteri

"Tips khusus untuk mengolah ayam kampung, pertama ayam kampung harus dicuci bersih dengan garam," jelas Chef Bahran dalam diskusi online beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, jika ingin lebih legit dan amis dari lemaknya hilang, bisa menggunakan kunyit bubuk saat mencucinya. "Dicuci dengan kunyit bubuk untuk menghilangkan bau amis yang ada di daging ayam kampung," ungkapnya.

Proses selanjutnya, jangan lupa untuk direbus selama 5 menit, agar kotoran dan lemak-lemak yang menyebabkan bau amis hilang.

"Sebelum dimasak, daging ayam kampung wajib direbus selama 5 menit dulu, untuk menghilangkan darah dan kotoran yang menempel di daging ayam kampung. Setelah itu, silahkan mau di masak apa," kata dia.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/nAypkP2uC6U" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

AYO BACA : Makan Daging Ayam 2 Kali Seminggu Tingkatkan Risiko Sakit Jantung?

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers