web analytics
  

Risiko Penularan Corona Turun 75% Jika Pakai Masker!

Kamis, 21 Mei 2020 14:27 WIB

Warga menggunakan masker saat berbelanja di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Sabtu (18/4/2020). (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Para peneliti telah menemukan bahwa penggunaan masker bedah secara signifikan mengurangi tingkat penularan virus corona Covid-19 di udara.

Studi ini dilakukan oleh tim ilmuwan di Hong Kong, yang menemukan tingkat penularan virus nonkontak melalui tetesan pernapasan tubuh atau partikel yang turun dari udara sebanyak 75% ketika memakai masker.

"Temuan yang tersirat ini mengenai efektivotas memakai masker ketika pandemi virus corona Covid-19 begitu besar," kata Dr Yuen Kwok-yung, seorang ahli mikrobiologi terkemuka dari Universitas Hong Kong yang membantu menemukan virus SARS tahun 2003 silam, dikutip dari Fox News.

AYO BACA: Wanita Ini Meninggal Setelah Melahirkan, Tapi Menyelamatkan 50 Hidup Orang Lain

AYO BACA: Kenang Kematian Bayinya, Perempuan Ini Sumbang ASI Tolong Bayi Lain

AYO BACA: Nenek 99 Tahun Baru Terima Surat Cinta dari Tunangannya yang Hilang di PD II

Rilis dari departemen mikrobiologi di Universita Hong Kong dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mempertanyakan efektivitas masker wajah di luar kebutuhan medis.

Penelitian pertama menempatkan hamster di dua kandang dengan salah satu kelompok terinfeksi virus corona Covid-19 dan lainnya sehat. Mereka lantas menempatkan hewan dalam 3 skenario berbeda untuk menganalisis efektivitas masker wajah.

Dalam satu skenario masker ditempatkan hanya pada kandang dengan subyek yang terinfeksi, masker yang menutup subyek sehat dan keduanya tak terhalang masker.

Lalu, peneliti meletakkan kipas angin di dalam kandang untuk melihat transmisi tetesan pernapasan.

AYO BACA: Benarkah Jokowi Bagikan Kuota Gratis 10 GB?

AYO BACA: Berkendara Tak Pakai Masker Kena Denda Rp5 Juta?

AYO BACA: Obat Corona Pesanan Jokowi untuk Bunuh Janin?

Hasilnya, mereka menemukan bahwa masker yang diletakkan pada kandang hewan yang terinfeksi virus corona Covid-19 menunjukkan penurunan risiko infeksi mencapai 15%.

Sebaliknya, tingkat infeksi akan meningkat 33% ketika masker digunakan untuk menutupi kandang. hamster yang sehat.

Peneliti juga menemukan hamster yang sehat berisiko terinfeksi virus dalam waktu seminggu, terutama bila dibandingkan dengan hamster yang tanpa masker.

"Dalam percobaan hewan ini menunjukkan bahwa hamster dan manusia sama-sama bisa terinfeksi virus tanpa gejala atau simtomatik. Jadi, penggunaan masker bisa menurunkan risikonya menginfeksi rang lain," kata Yuen.

AYO BACA: Ini Bentuk Virus Corona Jika Diperbesar 2.600 Kali?

AYO BACA: 800 Singa Dikerahkan Agar Warga Social Distancing?

AYO BACA: Benarkah Ilmuwan India Temukan Wujud Virus Corona di Tangan?

Menurut Yuen, penularan virus corona Covid-19 akan menurun hingga 50% ketika orang yang terinfeksi mau menggunakan masker.

Selama vaksin virus corona Covid-19 belum ditemukan, penggunaan masker dan menjaga jarak sosial sangat membantu mencegah penularan virus.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers