web analytics
  

Suara Dentuman Misterius Terdengar di Wilayah Bandung

Kamis, 21 Mei 2020 10:15 WIB Fira Nursyabani

Ilustrasi pemandangan Kota Bandung. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Suara dentuman misterius terdengar di wilayah Bandung dan sekitarnya, Kamis (21/5/2020). Suara tersebut diperkirakan mulai terdengar sekitar pukul 08.00 WIB.

Suara dentuman yang belum diketahui asalnya itu ramai diperbincangkan oleh warganet di jejaring sosial Twitter.

AYO BACA : Menguak Misteri Sumber Suara Dentuman di Jabodetabek

"Orang bandung, ada yang denger suara dentuman ga ? Keras banget tadi sekitar jam 8, dan ini masih berlangsung," ujar akun dndmhrnp.

Sementara akun syifaanadita menyampaikan, suara tersebut mulai terdengar pukul 08-00 WIB-09.00 WIB pagi ini. Ada sekitar 5-6 kali dentuman yang terdengar cukup keras.

AYO BACA : Pakar Jelaskan Suara Dentuman yang Terdengar Berulang-ulang di Depok

"Ada yg denger suara dentuman ga sih di bandung? Sekitar jam 8-9 an. Aku ini denger ada 5-6 kali dentuman, keras banget, kirain proyek pembangunan komplek belakang rumah, taunya lagi ga ada yg kerja," ujar akun syifaanadita.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sampai saat ini belum memberikan pernyataan mengenai fenomena ini. Sebelumnya, suara dentuman misterius juga terdengar di Jabodetabek dan Jawa Tengah.

Ada sejumlah kemungkinan dari mana suara dentuman itu berasal. Menurut Kepala Mitigasi, Gempa Bumi, dan Tsunami BMKG Daryono, dentuman itu bisa berasal dari gempa tektonik, aktivitas longsoran, skyquake atau suara dari langit, aktivitas petir, atau aktivitas gunung berapi.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/-ONYRmNrnVU" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

AYO BACA : Dentuman Pengiring Erupsi Anak Krakatau Masih Misterius

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers