web analytics
  

Daftar Lengkap Zona Covid-19 Kota/Kabupaten Se-Jabar

Rabu, 20 Mei 2020 15:39 WIB Nur Khansa Ranawati
Umum - Regional, Daftar Lengkap Zona Covid-19 Kota/Kabupaten Se-Jabar, Virus Corona, Status Darurat Corona, Siaga Corona, Covid-19, korban corona, corona jabar, pikobar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah). (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara resmi telah mengumumkan level masing-masing 27 kabupaten/kota di Jabar terkait kerentanannya terhadap persebaran Covid-19 selepas Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jabar.

Hasilnya, mayoritas daerah berada di level kuning atau tingkat risiko cukup berat.

Emil, sapaan Ridwan Kamil mengatakan perhitungan level tersebut didasarkan pada 8 indikator, yakni lanju Orang Dalam Pengawasan (ODP) per-daerah dan kelurahan, laju Pasien Dalam Pengawasan (PDP), laju kesembuhan, laju kematian, laju reporduksi Covid-19, laju transmisi atau kontak indeks, laju pergerakan warga, dan resiko geografis.

"Total ada 8 indikator yang digunakan agar penilaian ini ilmuah. Jika skor rendah, yakni di angka 8-11, maka masuk kategori hitam," ungkapnya di Gedung Pakuan Bandung, Rabu (20/5/2020).

AYO BACA : PSBB Jabar Usai, Sebaran Covid-19 Meluas Meskipun Transmisi Melambat

Sementara untuk skor 12-14 masuk ke dalam kategori merah atau resiko berat, skor 15-17 masuk ke dalam kategori kuning atau resiko cukup berat. Untuk skor 18-20 masuk ke dalam kategori biru atau resiko moderat, dan skor 21-24 masuk ke dalam kategori hijau atau resiko rendah.

"Kami sudah berikan panduan apa yang harus dilakukan dalam berkegiatan di masing-masing level atau kategori. Di level 5 harus total lockdown, sampai sekarang tidak ada yang seperti ini. Untuk level merah kegiatan dibatasi di 30% seperti saat ini," ungkapnya.

Sementara level kuning boleh melakukan relaksasi mobilitas warga hingga 60%. Sementara daerah di level biru diperkenankan melakukan kegiatan 100%.

"Tapi tetap tanpa kerumuman. Yang boleh ada kerumunan itu level hijau. Dari 27 kabupaten/kota di Jabar belum ada yang masuk level hijau," jelasnya.

AYO BACA : Jelang Berakhirnya PSBB Jabar, Pedagang Pasar Baru Minta Beroperasi Kembali

Berikut daftar lengkap skor seluruh kabupaten/kota di Jabar :

Level Hitam:
Tidak ada

Level Merah:
Kabupaten Bekasi (14)
Kota Bekasi (12)
Kota Cimahi (12)

Level Kuning:
Kab. Bandung (17)
Kab. Bogor (16)
Kab. Ciamis (17)
Kab. Cianjur (16)
Kab. Cirebon (16)
Kab. Indramayu (17)
Kab. Karawang (16)
Kab. Kuningan (17)
Kab. Majalengka (16)
Kab. Purwakarta (15),
Kab. Subang (16),
Kab. Sukabumi (17)
Kab. Tasik (17)
Kota Bandung (16)
Kota Banjar (15)
Kota Bogor (16)
Kota Cirebon (15)
Kota Depok (16)
Kota Tasik (17)

Level Biru:
Kab. Bandung Barat (18)
Kab. Garut (18)
Kab. Pangandaran (18)
Kab. Sumedang (18)
Kota Sukabumi (18)

Level Hijau:
Tidak ada

Selain itu, Pemprov Jabar juga memberikan status kewaspadaan 5-4-3-2-1 atau hitam-merah-kuning-biru-hijau kepada 5.300 desa dan kelurahan se-Jabar. Dalam status kewaspadaan tingkat ini, mayoritas desa dan keluarahan di Jabar berada di level kuning.

"Masih ada yang berada di Level Hitam sebanyak 5,38%, Level Merah 18,3%, Level Kuning 54,9%, Level Biru 0,9%," ungkapnya.

"Alhamdulillah di tingkat ini ada yang masuk Level Hijau, yakni daerah yang jauh rata-rata terletak di Jabar Selatan," tambahnya.

Untuk kategori level hijau dengan penduduk besar mencapai 5,34%. Sementara level hijau kategori penduduk sedikit mencapai 15,63%. 

AYO BACA : PSBB Jabar Selesai, Dilanjut PSBB Daerah Secara Parsial

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers