web analytics
  

Pemerintah Larang Salat Idulfitri Digelar di Masjid dan Lapangan

Selasa, 19 Mei 2020 15:12 WIB
Umum - Nasional, Pemerintah Larang Salat Idulfitri Digelar di Masjid dan Lapangan, Ramadan, Salat Idulfitri, PSBB, Mahfud MD

Ilustrasi salat Idulfitri di lapangan. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah telah membahas penyelenggaraan salat Idulfitri di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) dalam rapat kabinet terbatas secara virtual pada Selasa (19/5/2020).

Hasilnya, pemerintah melarang pelaksanaan salat Idulfitri di masjid ataupun di lapangan dengan melibatkan orang banyak berdasarkan aturan yang ada.

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mengatakan, kegiatan keagamaan yang melibatkan banyak orang menjadi salah satu kegiatan yang dilarang.

AYO BACA : PSBB Kota Bandung Diperpanjang, Salat Idulfitri Dilakukan di Rumah

Setidaknya ada 2 dasar aturan yang menjadi pegangan pemerintah untuk melarang masyarakat melaksanakan Salat Id dengan melibatkan banyak orang.

"Salat berjamaah di masjid atau Salat Id di lapangan itu termasuk kegiatan yang dilarang oleh Permenkes Nomor 9 Tahun 2020. Itu tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)," kata Mahfud saat menyampaikan keterangan resminya melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (19/5/2020).

Selain diatur dalam Permenkes Nomor 9 Tahun 2020, pelaksanaan Salat Idulfitri yang melibatkan massa juga dilarang dalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kewilayahan. Pelarangan tersebut bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

AYO BACA : Wagub Uu Ajak Masyarakat Ikuti Imbauan Salat Idulfitri di Rumah

Dengan adanya aturan itu, pemerintah meminta seluruh masyarakat untuk dapat mematuhinya. Lebih lanjut Mahfud juga mengungkapkan, pemerintah meminta serta mengajak tokoh agama, ormas keagamaan, dan tokoh masyarakat adat untuk meyakinkan masyarakat terkait aturan tersebut.

Mahfud menegaskan, pemerintah bukan melarang salatnya, akan tetapi melarang kegiatan keagamaan yang melibatkan banyak massa.

"Bukan karena salatnya tapi karena itu bagian dari upaya menghindari bencana Covid-19 termasuk bencana non alam nasional yang berlaku berdasarkan keputusan pemerintah," katanya.

 

AYO BACA : Zona Hijau di Kota Bekasi Diizinkan Gelar Salat Idulfitri

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers