web analytics
  

3 Tempat yang Berisiko Tinggi Jadi Tempat Penyebaran Covid-19

Selasa, 19 Mei 2020 14:58 WIB

Restoran, salah satu tempat umum yang berisiko tinggi menjadi penyebaran virus corona. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Ancaman penyebaran Covid-19, terutama di tempat umum, masih ada meski rencananya PSBB dilonggarkan.

Dilansir dari Medical Daily, meski beberapa negara berhasil melandaikan kurva kasus positif Covid-19, kenyataannya, bukan berarti pandemi telah berakhir. Apalagi, tanpa vaksin yang belum bisa diproduksi dalam waktu dekat, kecil kemungkinannya pandemi Covid-19 akan segera berakhir.

Menurut Dr Erin Bromage, pakar imunologi evolusi, hal ini justru bisa meningkatkan risiko menggandakan jumlah kematian Covid-19.

“Saya mengerti alasan untuk membuka kembali ekonomi, tetapi jika tidak menyelesaikan masalah biologi, maka ekonomi tidak akan pulih,” tuturnya.

Oleh karena itu, penting untuk tetap waspada, terutama di tempat-tempat tertentu yang masih berisiko tinggi menjadi penyebaran virus corona. Mana saja?

1. Restoran dan kafe

Banyaknya jumlah orang, ditambah ventilasi aliran udara di ruang tertutup yang tak begitu baik, serta peralatan dan perabotan yang digunakan bergantian, membuat restoran dan kafe memiliki kemungkinan tinggi untuk menjadi pusat penyebaran virus corona.

2. Perkantoran

Kantor juga merupakan tempat yang berisiko tinggi menjadi pusat penyebaran virus corona. Terlebih jika gedung perkantoran memiliki banyak area yang digunakan bersama, seperti lift, toilet, pegangan pitu, tombol lift, dan bahkan dispenser air. Pastikan Anda selalu mencuci tangan setiap kali habis menggunakan fasilitas publik di kantor.

3. Gym

Berolahraga di dalam ruangan dengan sekumpulan orang tentu meningkatkan risiko penyebaran virus corona. Ditambah dengan banyak orang yang menggunakan peralatan olahraga secara bergantian. Bukan tak mungkin, jika setelahnya kita lupa memegang wajah tanpa mencuci tangan lebih dulu. Duh, bagaimana kalau olahraganya di rumah aja dulu?

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers