web analytics
  

6 Kuliner Khas Lebaran di Indonesia, Enak Semua!

Selasa, 19 Mei 2020 14:10 WIB

Rendang, salah satu kuliner khas lebaran di Indonesia. (YouTube/Dapur Ranie Ancak)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Indonesia memiliki sejumlah kuliner khas Lebaran. Bahkan, rasa sejumlah kuliner tersebut dipuji dunia internasional.

Berikut 6 makanan khas Lebaran dari berbagai daerah di Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Rendang (Sumatra Barat)

Masyarakat Minang biasanya menyajikan rendang sebagai menu khas Lebaran. Rendang bisa disajikan begitu saja atau menjadi pendamping menu lontong. Rendang yang dibuat tidak melulu dari daging, namun bisa juga berupa rendang ayam, rendang telur, atau rendang lokan (kerang).

2. Ayam Gagape (Makassar)

Menu Makassar bukan melulu coto atau konro. Ayam gagape adalah olahan lainnya yang biasa disajikan sebagai menu menyambut Lebaran.

Ayam gagape disebut juga opor ayamnya orang Makassar. Hidangan bersantan ini menjadi sajian utama menggunakan ayam kampung yang dibumbui rempah-rempah kompleks khas Sulawesi.

Hal yang membedakan opor ayam dengan ayam gagape adalah kuahnya yang sedikit, namun kental. Saat disajikan, ayam gagape ditaburi dengan kelapa parut yang disangrai.

3. Soto Banjar (Banjarmasin)

Soto Banjar menjadi andalan masyarakat Banjarmasin saat berlebaran. Kuliner Nusantara satu ini berbahan utama ayam yang diolah dengan aneka rempah, seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh.

Daging ayamnya disuwir dan disajikan dengan tambahan perkedel atau kentang rebus, telur rebus, dan ketupat. Soto Banjar juga dipasangkan dengan sepiring nasi, bukan ketupat.

4. Opor Ayam (Jawa)

Opor ayam biasanya menjadi hidangan khas Hari Raya Idulfitri bagi masyarakat Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hidangan ini berupa ayam rebus yang dibumbui dengan santan kental, serai, kencur, bawang merah, bawang putih.

Opor ayam biasanya disajikan dengan sepiring ketupat dan sambal goreng ati ampela atau ati kentang. Sambal goreng ini juga bisa dicampur dengan tempe, ikan, buncis, atau krecek.

5. Semur Betawi (Jakarta)

Semur adalah sajian khas masyarakat Betawi di Jakarta. Bahannya adalah potongan daging sapi dengan kuah kecap yang dimasak hingga lunak. Daging dilumuri dengan campuran merica halus, ketumbar, jintan, biji pala, lengkuas, jahe, dan garam.

Bawang merah dan bawang putih ditumiskan terlebih dahulu bersama cengkeh, kayu manis, daun salam, dan serai sebelum dimasukkan campuran daging berbumbu. Semur Betawi ini biasanya juga disajikan dengan bencok, sebutan untuk kentang goreng dengan ebi halus.

6. Kuah Labu (Aceh)

Kuah labu atau kuah boh labu menjadi salah satu menu Lebaran di Aceh. Hidangan ini lebih mirip dengan gulai menggunakan bumbu rempah standar dan daun temurui atau salam koja. Daun ini lah yang memberi sensasi aroma khas dari kuah labu.

Labu yang dipakai adalah labu air, mirip seperti labu siam, namun tidak terlalu banyak getahnya. Kuah labu biasanya disajikan dengan daging.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers