web analytics
  

Cara Lengkap Membuat Ketupat Lebaran

Rabu, 20 Mei 2020 02:40 WIB

Proses membuat ketupat. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Lebaran sebentar lagi, ketupat menjadi hidangan yang umum ada saat momen Idulfitri. Lantas, bagaimana cara membuat ketupat yang enak?

Bagi yang tidak biasa bikin ketupat, hasilnya kadang lembek, cair, atau masih keras alias tidak matang di dalam.

Membuat ketupat memang susah-susah gampang. Apalagi jika memasaknya dengan daun. Biasanya kegagalan bikin ketupat sering disebabkan oleh salah takar, jenis beras, cara merebus, atau karena kulit ketupat yang terlalu tua alias sudah kering.

Nah, agar ketupat Lebaran tahun ini berhasil, yuk coba cara membuat ketupat Lebaran anti gagal berikut ini, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Memilih beras

Beras untuk membuat ketupat bisa menggunakan beras pulen atau beras pera, tergantung selera. Namun, untuk menghasilkan ketupat yang empuk dan tahan lama, pilihlah beras sedang. Artinya tidak terlalu pulen dan tidak juga terlalu pera. Dengan begitu, ketupat akan lembut.

2. Siapkan daun janur

Untuk membuat ketupat, anyaman daun janurnya tidak boleh sembarangan. Pilihlah daun janur yang muda agar ketika direbut nanti.

3. Cuci beras

Dalam hal mencuci beras juga tidak boleh asal-asalan, karena jika pencuciannya salah, ketupat akan cepat basi. Hal yang perlu diperhatikan adalah mencuci beras hingga bersih. Kemudian, rendam beras selama kurang-lebih tiga jam. Tambahkan kapur sirih dalam rendaman beras.

4. Masukkan ke daun janur

Turunkan sedikit lubang bagian ujung anyaman daun ketupat. Masukan beras yang sudah direndam ke dalam ketupat dengan sendok. Isi sebanyak 50-60 persen beras ke dalam volume ketupat jika ingin ketupat yang lunak. Tetapi, jika ingin lebih padat, isi sebanyak 70 persen.

5. Ikat ketupat

Setelah ketupat diisi semua, ikat ketupat setiap 8-10 buah sebelum direbus. Ini dilakukan untuk menjaga ketupat tetap menyatu di dalam panci rebusan.

6. Cara merebus

Siapkan panci yang sudah diisi air mendidih. Masukkan ketupat ke dalam panci berisi air panas. Pastikan semua ketupat terendam di dalam air. Rebus selama 3-4 jam. Tunggu sampai matang dengan kondisi panci tertutup. Jika Anda menggunakan panci presto maka waktu merebusnya bisa lebih cepat, yaitu cukup 2 jam.

Setelah waktu merebus cukup, periksa apakah ketupat sudah matang atau belum. Jika sudah tiriskan dari air. Lalu keringkan dengan cara diikat dan  atau digantung. Ketupat Lebaran siap disantap dengan opor ayam atau rendang.

Selamat mencoba!

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers