web analytics
  

Tip Pilih Daging Sapi untuk Jadi Olahan Rendang

Selasa, 19 Mei 2020 13:44 WIB
Gaya Hidup - Kuliner, Tip Pilih Daging Sapi untuk Jadi Olahan Rendang, Ramadan, Kuliner Ramadan, Resep Lebaran, Rendang, Daging sapi

Ilustrasi daging sapi yang dijual di pasar. (dok. Ayobandung.com)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Selain opor ayam, rendang merupakan salah satu masakan khas lebaran yang kerap kita temui di meja makan bersama ketupat. Jika tahun ini Anda berniat memasak rendang, simak tip memilih daging sapi yang akan diolah menjadi rendang.

Proses terpenting dalam memasak rendang adalah pemilihan daging sapi. Daging yang kurang tepat akan mempengaruhi rasa dan tekstur rendang itu sendiri. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih daging untuk rendang?

Corporate Executive Chef Prasanthi Hotels and Resorts Bahran mengatakan, daging sapi terbaik bukan berasal dari sapi tua, seperti yang sudah beranak. Ini bisa dilihat dari pori-pori daging tersebut yang cenderung kecil dan tidak besar.

AYO BACA : Waspada Celeng Oplosan, Jangan Tergiur Harga Murah

"Paling nggak tekstur pori-porinya agak kecil-kecil, karena itu pasti sapinya nggak tua. Warnanya juga masih bagus, aromanya segar," terang Chef Bahran saat dihubungi Suara.com, Selasa (19/5/2020).

Ia juga mengingatkan untuk tidak takut pada daging yang basah. Ini hanya persoalan daging yang tidak digantung, karena darahnya tidak mengalir. Biasanya banyak terjadi pada daging-daging impor.

"Sebenarnya darah kan rata-rata basah, dagingnya nggak digantung. Contoh kalau daging yang ada di supermarket rata-rata impor, biasanya ditaruh di strerofoam, makanya di bawahnya harus dikasih tisu biar nggak basah," jelasnya.

AYO BACA : Ini Perbedaan Daging Sapi dan Daging Celeng

Chef yang sudah berkeliling dunia itu mengatakan bagian daging terbaik untuk memasak rendang adalah topside, atau bagian terluar paha sapi belakang. Ini adalah bagian tebaik karena teksturnya yang tidak mudah hancur, sangat tepat untuk menu rendang dengan proses memasak yang lama.

"Biasanya bagian rendang itu bagian topside, bagian pantat atau paha atas. Karena tekstur dagingnya itu tidak mudah pecah, ketika lembutnya itu masih utuh tapi masih lembut, nggak jadi hancur," terangnya.

"Kecuali dimasak dengan api panas, seperti abon dan lain-lain. Lebih bagus di dalam tubuh sapi itu yang paling bagus pantat sih ya," tutupnya.

 

AYO BACA : Dijamin Empuk, Intip Trik Masak Daging dengan Metode 5-30-7

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers