web analytics
  
Banner Kemerdekaan

7 Cara Atasi Stres Saat Jadi Ibu Baru

Selasa, 19 Mei 2020 13:41 WIB

[Ilustrasi] 7 cara mengatasi stres saat jadi ibu baru. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Saat bayi lahir, sebagai seorang ibu punya tanggung jawab besar. Kamu harus memberikan banyak perhatian, perawatan dan itu pastinya memakan banyak waktu dan energi. Tak jarang hal itu membuat stres.

Untuk mengatasi stres menjadi ibu baru, ada kiat-kiat yang bisa kamu lakukan, dilansir dari blodsky.

Tips 1

Selama tahun pertama, cobalah tidak membuat rencana yang menghabiskan banyak waktu dan energi, seperti bepergian atau mengganti pekerjaan. Hal seperti ini hanya akan menambah stres.

Tips 2

AYO BACA : Sering Berhubungan Badan Bikin Pasangan Cepat Hamil?

Buatlah rencana kasar tentang bagaimana menjadwalkan pekerjaanmu dan kegiatan lain setelah sang buah hati lahir. Hal ini bisa menghemat waktu dan menghilangkan banyak kebingungan dan stres.

Tips 3

Buat catatan tentang waktu tidur siang dan makan anakmu. Ini bisa membantu kamu menjadi lebih teratur serta mengurangi keruwetan terkait perawatan bayi.

Tips 4

Kamu bisa mempertimbangkan seseorang membantumu di rumah, misalnya untuk mencuci atau memasak. Hal ini bisa membuat kamu menghemat waktu dan energi serta kamu bisa menghabiskan waktu bersama sang bayi, terutama setelah tahun pertama.

AYO BACA : 5 Bahaya Nangka bagi Ibu Hamil

Tips 5

Kamu juga bisa meminta bantuan keluarga atau teman untuk mengatasi stres dan tekanan. Konsultasikan dengan suami terlebih dahulu untuk hal ini ya.

Tips 6

Beri waktu untuk diri sendiri juga penting. Ini bisa kamu gunakan untuk berjalan-jalan, olahraga atau meditasi atau melakukan apa pun yang membuat kamu bahagia. Menghabiskan waktu berkualitas dengan diri sendiri juga sama pentingnya.

Tips 7

Kamu bisa bergantian dengan pasangan untuk merawat sang buah hati. Tentukan hari ketika kalian saling bergantian untuk merawat si kecil. Melakukan semuanya sendiri tanpa bantuan siapa pun dapat membuat kamu stres.

AYO BACA : Ini Posisi Tidur yang Tepat bagi Ibu Hamil Bayi Kembar

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers