web analytics
  

Bantuan Pemda Tak Kunjung Datang, Warga Komplek di Cihampelas Galang Bantuan Mandiri

Senin, 18 Mei 2020 22:05 WIB Tri Junari
Umum - Unik, Bantuan Pemda Tak Kunjung Datang, Warga Komplek di Cihampelas Galang Bantuan Mandiri, PSBB Bandung Barat, PSBB KBB, Covid-19 di KBB, Covid-19 di Bandung Barat,

Ilustrasi -- bantuan bagi warga terdampak covid-19. (Ayobandung.com)

CIHAMPELAS, AYOBANDUNG.COM -- Rasa kepedulian sosial ditunjukkan warga RW 12 Perum Nuansa Bukit Cihampelas, Desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Secara gotong royong mereka mengumpulkan donasi berupa paket sembako untuk disalurkan kepada warga miskin terdampak pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) yang belum tercakup bantuan pemerintah.

"Ini gerakan spontanitas warga dan para donatur yang peduli, berempati, dan ingin berbagi ke sesama yang membutuhkan. Sekarang sedang pandemi, banyak warga yang butuh bantuan akibat kehilangan pekerjaan dan usaha,” kata Ketua RW 12 Perum Nuansa Bukit Cihampelas, Rokani, Senin (18/5/2020).

Paket sembako yang berhasil terkumpul ada sebanyak 85 paket berisi beras, mie instant, minyak goreng, terigu, telor, gula, dan teh celup. Sembako tersebut akan diberikan ke warga dengan kategori sangat miskin, miskin dan rawan miskin di sekitar perumahan.

Berdasarkan hasil pendataan, di wilayah sekitar perumahan memang ada sekitar 125 kepala keluarga yang layak dibantu. Warga pun seperti tersandera karena belum ada kejelasan kapan akan datang.

Oleh sebab itu sambil menunggu bantuan pemerintah warga Perum Nuansa Bukit Cihampelas dengan sejumlah donatur, berusaha membantu untuk meringankan beban mereka.

"Bantuan diserahkan dalam beberapa tahap, semoga bermanfaat bagi penerima," tuturnya.

Rahmat, salah satu warga penerima bantuan sembako merasa bersyukur ada warga yang memberikan perhatian kepadanya. 

"Semoga bantuan ini jadi ladang pahala dan kami juga berharap bantuan dari pemerintah segera datang," ucapnya.

Sejauh ini Pemkab Bandung Barat sudah mendistribusikan 8.000 paket sembako untuk tahap pertama. Pada tahap kedua akan disebarkan 45.000 paket yang ditargetkan telah terdistribusi sebelum Hari Raya Idulfitri.

Selain pemkab, bantuan sembako juga datang dari Pemprov Jabar berjumlah 18.351 paket dan sudah terdistribusi seluruhnya. Sementara untuk bantuan sosial tunai (BST) Rp600 ribu dari pemerintah pusat selama untuk tiga bulan, Bandung Barat sudah mendapat 12.635 keluarga penerima manfaat dari kuota 32 ribu lebih.

”Oleh sebab itu kami masih menunggu 20.000 lagi untuk pencairan tahap berikutnya," kata Kepala Dinas Sosial Bandung Barat, Heri Partomo.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers