web analytics
  

Pusat Perbelanjaan di Kota Bandung Mulai Diserbu Warga

Senin, 18 Mei 2020 16:10 WIB Nur Khansa Ranawati
Bandung Raya - Bandung, Pusat Perbelanjaan di Kota Bandung Mulai Diserbu Warga, baju baru, baju bedug, trunojoyo, psbb longgar, berita bandung, tempat belanja di bandung, diskon,

Warga berbelanja pakaian jelang Idulfitri 2020 di jajaran toko Jalan Trunojoyo Bandung, Senin (18/5/2020). (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Merayakan Idulfitri di tengah pandemi tahun ini rupanya tidak menyurutkan minat sejumlah warga Kota Bandung untuk tetap berbelanja 'baju bedug'. Sejumlah toko busana muslim dan jajaran distro di Jalan Dipatiukur hingga Jalan Trunojoyo terpantau mulai membuka kembali aktivitas jual belinya secara offline, Senin (18/5/2020).

Berdasarkan pantauan Ayobandung.com, terdapat sejumlah toko busana muslim besar yang mulai ramai dipadati pengunjung, meski kepadatan tidak seramai hari-hari menjelang Idulfitri di tahun-tahun sebelumnya.

Seperti toko busana muslim di Jalan Dipatiukur. Kendaraan tampak penuh terparkir di halaman toko tersebut sejak siang.

222 Sepeda motor tampak memenuhi parkiran di depan salah satu toko di Jalan Trunojoyo Bandung, Senin (18/5/2020). (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

Sekilas, toko tampak tutup. Namun, para pengunjung masih diperkenankan masuk melalui pintu karyawan dengan terlebih dahulu melalui pemeriksaan suhu. Di dalam toko, para pengunjung ramai berbelanja meskipun tidak sampai berdesakan.

AYO BACA : 10 Tempat Wisata Belanja Super Murah di Bandung

Hal serupa juga terlihat di toko busana muslim lainnya di bilangan Jalan Banda. Meskipun buka dan mulai dikunjungi pembeli, namun kepadatan pengunjung--bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya di waktu yang sama--terpantau lebih sedikit.

Selain itu, para pedagang baju keliling yang berjualan mengenakan mobil pribadi mulai terlihat di sekitaran taman seberang Lapang Gasibu. Jajaran pedagang berderet di area yang kerap menjadi pasar tumpah di hari Minggu sebelum pandemi.

Jajaran distro di Jalan Trunojoyo juga mulai ramai dikunjungi pembeli yang didominasi anak muda. Meski hujan turun, antusiasme pembeli terlihat tak terbendung untuk membeli deretan pakaian diskon.

Parkir kendaraan roda dua maupun roda empat mulai memadati halaman sejumlah toko yang telah beroperasi. Rata-rata pembeli datang berkelompok, bersama teman dan para orang tua dengan tetap mengenakan masker.

Ketika Ayobandung.com memasuki area toko yang terdiri atas gabungan kios sejumlah brand, protokol pemeriksaan suhu dan pemakaian hand sanitizer diterapkan. Kerumunan pembeli terlihat di beberapa toko yang memajang poster-poster diskon.

AYO BACA : 5 Tips Agar Belanja Online Aman dari Kejahatan Siber

Salah satu pembeli, Dami Arzakel (19), mengatakan, dirinya mengincar beberapa merek baju yang tengah diskon. Dia menyebut lebih merasa puas berbelanja secara luring karena dapat mencoba dan memilih sendiri pakaian yang tersedia.

"Lagi banyak diskon juga sih soalnya. Kadang kalau beli online takut ukurannya enggak pas, dan di sini bisa sekalian lihat-lihat baju di toko lain juga," ujarnya.

Dia mengaku memahami risiko bepergian keluar rumah di tengah pandemi. Karenanya, dia tetap mengenakan masker dan menjaga jarak antarorang.

"Kalau saya sih asal tetap berusaha physical distancing saja dan pakai masker," tuturnya.

Seiring dengan berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tingkat Jawa Barat pada 19 Mei, kegiatan berbelanja baju Lebaran di berbagai pusat perbelanjaan dinilai perlu kembali diwaspadai.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyebut Kota Bandung masuk dalam zona kuning, yang artinya dapat mulai menerapkan PSBB dengan aturan yang lebih longgar.

"Jika PSBB provinsi tidak dilanjut, Pemkot Bandung dituntut harus tepat ambil keputusan. Do'akeun supaya kita diberikan keputusan yang benar-benar dibutuhkan," tulis Wali Kota Bandung Oded M Danial dalam akun Instagramnya, Senin (18/5/2020).

 

AYO BACA : Mau Hemat Bujet Pernikahan? Begini Caranya

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers