web analytics
  

Penderita Diabetes Dilarang Makan Nanas?

Senin, 18 Mei 2020 15:50 WIB

Nanas bisa membahayakan penderita diabetes karena kadar gulanya. (Pixabay/Joseph Mucira)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Nanas dianggap sebagai pembangkit tenaga alami karena penuh dengan nutrisi. Namun, apakah nanas aman dikonsumsi pengidap diabetes (diabetesi)?

Diabetes memerlukan manajemen dan pemeriksaan yang konstan, terutama ketika menyangkut diet yang dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal itu karena pola makan mereka sangat memengaruhi kadar gula darah yang memainkan peran besar dalam seberapa parah atau ringan penyakit itu bagi tubuh pasien.

Karena itu, diet diabetes harus mencakup makanan yang tidak hanya sehat, tetapi juga tidak akan memengaruhi kadar gula darahnya atau setidaknya membantu mereka mengendalikannya dengan lebih baik.

AYO BACA : Cara Meredakan Batuk secara Alami dengan Jus Nanas, Ini caranya

Lantas, amankah mengonsumsi gula alami seperti nanas bagi penderita diabetes?

Seperti dilansir dari Medical Daily, nanas merupakan buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Nanas sarat dengan enzim alami dan nutrisi yang dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh dan menekan segala peradangan di tubuh.

Selain itu, nanas mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan efek stres oksidatif dalam tubuh atau mencegahnya sejak awal.

AYO BACA : Sering Makan Nanas Tiap Hari Tingkatkan Gula Darah?

Meskipun memiliki segudang manfaat, sayangnya, nanas bukan pilihan yang bagus untuk penderita diabetes. Nanas dianggap sebagai buah dengan kadar gula sedang, yang tidak lagi aman bagi penderita diabetes.

"Nanas adalah pembangkit nutrisi, mengandung vitamin C, vitamin B12 (tiamin), zat besi, antioksidan, bioflavonoid, sifat anti-inflamasi dan kaya akan magnesium dan kalium. Ia juga mengandung enzim bromelain yang membantu pencernaan dan bertindak sebagai sebuah diuretik," ujar Pavithra N Raj, kepala ahli diet di Columbia Asia Hospital.

Pavithra mengatakan, nanas kaya serat yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan memperlambat penyerapan gula. Namun skor glikemik indek yang sedang membuatnya tidak terlalu baik untuk kadar gula darah

Karena itu, penderita diabetes harus menghindari nanas dan memilih buah-buahan lain seperti apel, pisang, beri, anggur, dan alpukat.

AYO BACA : 5 Dampak Buruk Makan Nanas Tiap Hari

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers