web analytics
  

Kenali Berbagai Penyebab Pori-pori Tampak Berlubang

Senin, 18 Mei 2020 14:02 WIB

[Ilustrasi] Kulit wajah mulus dan cantik bebas dari pori-pori yang tampak berlubang. (Pixabay/Nika Akin)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Pori-pori yang tampak berlubang bisa mempengaruhi hasil riasan wajah. Karena itu, salah satu hal yang sering dikeluhkan kaum hawa ialah pori-pori yang tampak membesar di wajah.

Hal itu lantaran pori-pori tersebut terlihat seperti memiliki lubang-lubang kecil di area wajah. Namun, hal itu keliru. Pada dasarnya, pori-pori kulit tidak akan bisa membesar atau mengecil.

"Pori-pori ya segitu-gitu aja. Akan nampak membesar kalau terjadi sumbatan di situ," kata dokter spesialis kulit dan kelamin Listya Paramita dalam kelas online 'Cantik Maksimal' bersama MedClass, Minggu (3/5/2020).

Dia menjelaskan, pori-pori terlihat membesar jika terdapat kotoran, banyak sumbatan, sel kulit mati yang menumpuk, debu, hingga polusi yang nempel pada kulit wajah. Karena itu, langkah pertama yang penting dilakukan adalah menjaga kulit selalu bersih.

"Yang penting itu kita bikin bersih si pori-pori dan kita kasih pelembap. Maka pori-pori akan tampak mengecil. Kerena pori-pori bukan otot yang bisa membesar atau mengecil," tuturnya.

Perawatan kulit bisa dilakukan dengan cara laser, lanjutnya. Menurutnya, perawatan laser berfungsi untuk memperbaiki kulit sehingga pori-pori juga akan terlihat rapat.

"Laser tertentu ya, yang toning atau facing. Dia memperbaiki kondisi kulit secara keseluruhan maka otomatis pasti pori-porinya nampak lebih mengecil," ucapnya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers