web analytics
  

Ayatullah Khamenei Ancam Usir Pasukan AS dari Timur Tengah

Senin, 18 Mei 2020 12:41 WIB Fira Nursyabani

Ilustrasi bendera Iran. (Pixabay/Jorono)

TEHERAN, AYOBANDUNG.COM -- Hubungan antara Amerika Serikat (AS) dan Iran kembali memanas. Pemimpin tertinggi Iran Ayatullah Khamenei menegaskan, negaranya akan mengusir pasukan AS di Irak dan Suriah.

Hal ini diungkapkan Khamenei melalui pidatonya pada Minggu (17/05/2020)

AYO BACA : Alkohol Tewaskan 728 Warga Iran Setelah Dikira Ampuh Matikan Corona

Khamenei mengatakan, segala hal yang dilakukan pasukan AS di Timur Tengah menyebabkan Negeri Para Mullah tersebut dibenci oleh dunia internasional. Hal tersebut merujuk pada penyerangan AS yang menyebabkan terbunuhnya jenderal mereka, Qassem Soleimani.

Setelah penyerangan tersebut, AS menuding Qassem sebagai teroris.

AYO BACA : Memasuki Ramadan, Iran Buka Lagi Masjid di Daerah Aman Covid-19

Hal tersebut pula yang mendorong Iran untuk melancarkan serangan balasan dengan menyerang pangkalan militer AS. "Orang Amerika tidak akan tinggal di Irak dan Suriah dan akan diusir," kata Khamenei sebagaimana dilansir Reuters.

Pada April lalu, Presiden AS Donald Trump berjanji akan menembaki setiap kapal Iran yang melecehkan pasukan militernya di laut. Setelah pernyataan Trump tersebut, Kepala Pengawal Revolusi Elit Iran Mayor Jenderal Hossein Salami mengatakan pihaknya akan menyerang kapal AS jika keamanan kapalnya di teluk terancam.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/R2LIi2_LDyQ" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

AYO BACA : Corona Merebak, 85.000 Tahanan di Iran Dibebaskan

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers