web analytics
  

Perhatikan! Minum Susu Sebelum Tidur Itu Penting

Senin, 18 Mei 2020 11:11 WIB

Ilustrasi minum susu sebelum tidur. (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Beberapa orang terbiasa minum susu sebelum tidur, karena percaya tidur mereka akan lebih nyenyak. Beberapa lainnya juga meyakini kalau minum susu sebelum tidur bisa meredakan kecemasan dan membuat tubuh rileks sebelum tidur.

Akan tetapi, ada banyak orang yang membantah serangkaian manfaat tersebut. Lalu, mana yang benar?

AYO BACA : Penderita Diabetes dan Sakit Jantung Harus Tidur Lebih dari 6 Jam?

Menurut Healthline, susu memang bisa membantu seseorang tidur lebih cepat. Beberapa studi juga telah membuktikan bahwa mengonsumsi produk susu, seperti susu dan keju, sebelum tidur menyebabkan tidur malam yang lebih nyenyak.

Para pakar menyebut hal ini disebabkan kandungan tertentu yang ada dalam produk susu, demikian dilaporkan Medical Daily. Susu mengandung hormon melatonin dan asam amino triptofan. Keduanya berdampak positif pada mood kita sehingga memudahkan kita masuk ke dalam siklus tidur.

AYO BACA : Tidur Pulas Didalam Kios Bensin, Sopir Angkot di Padalarang Tewas Terpanggang

Sejumlah studi lainnya juga mengungkapkan keduanya bisa mengurangi gejala kecemasan dan depresi yang umumnya muncul lebih sering menjelang waktu tidur. Situs Colossal Sleep menyebutkan triptofan membantu tubuh melepaskan serotonin yang mengurangi kecemasan dan membuat tubuh jadi lebih rileks.

Sementara melatonin membantu mengatur ritme sirkadian dan memberikan sinyal pada otak untuk masuk ke dalam kondisi tidur. Beberapa pakar juga mengklaim minum susu sebelum tidur memiliki efek psikologis yang membantu memperkuat kebisaan ini.

Minum susu sebelum tidur membuat kita lebih tenang dan tanpa sadar teringat untuk meminumnya pada malam hari, sehingga kita bisa merasa nyaman dan tidur lebih tenang. Walaupun begitu, masih ada banyak orang yang tidak menyetujui praktik ini. Salah satu alasannya adalah minum susu sebelum tidur bisa membuat kita gemuk, karena kandungan lemak, protein, dan kalori di samping nutrisi dan mineral.

Dalam Livestrong disebutkan minum susu sebelum tidur bisa mengganggu pencernaan, berdampak pada metabolisme, dan kemungkinan menyebabkan kenaikan berat badan. Akan tetapi hal-hal tersebut tidak menurunkan minat minum susu sebelum tidur. Justru memunculkan kebiasaan baru untuk minum susu setidaknya dua jam sebelum tidur untuk mendapatkan manfaat sehatnya.

AYO BACA : Setelah Berhubungan Seks, Wanita Lebih Cepat Tidur?

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi
dewanpers