web analytics
  

Bobotoh Dukung Liga 1 2020 Bergulir Tanpa Penonton

Minggu, 17 Mei 2020 16:06 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Bobotoh, Bobotoh Dukung Liga 1 2020 Bergulir Tanpa Penonton, Persib Bandung, Liga 1 2020, Robert Albert, Bobotoh

Ilustrasi bobotoh Persib Bandung. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Komunitas bobotoh yang tergabung dalam Viking Persib Club (VPC) mendukung apabila pertandingan Liga 1 2020 dilanjutkan tanpa penonton.

Hal ini demi menghindari penyebaran virus corona di stadion namun dengan kondisi liga bisa tetap bergulir hingga akhir kompetisi.

Sebelumnya, muncul wacana agar kompetisi kembali bergulir dalam waktu dekat. Salah satunya wacana yang bergulir ialah menggelar kompetisi tanpa kehadiran penonton di stadion.

Ketua Viking Persib Club (VPC) Herru Joko menyampaikan, bobotoh sedianya akan bahagia jika kompetisi Liga 1 musim ini kembali bergulir. Pasalnya, mereka bisa kembali menyaksikan aksi impresif tim pujaannya. 

Namun dalam kondisi serbasulit ini, dia juga meyakini, bobotoh akan mematuhi imbauan PSSI dan pemerintah seandainya Liga 1 2020 digelar tanpa penonton.

"Sebenarnya gak apa-apa, kita punya aturan dari organisasi tertinggi, kalau ada penonton kan riskan. Bagus kalau ada upaya ke sana (opsi tanpa penonton), karena situasi juga belum memungkinan pakai penonton," melalui sambungan telepon, Minggu (17/5/2020).

Sejak muncul kasus positif Covid-19 di Indonesia, geliat sepak bola nasional memang seolah dibuat mati suri. PSSI pun terus berupaya mencari jalan terbaik untuk kelangsungan nasib kompetisi Liga 1 2020.

Saat ini, induk sepak bola Tanah Air itu memang masih hati-hati dalam memberikan keputusan. PSSI sedianya ingin memastikan keputusan lanjutan usai melihat masa penetapan status force majeure untuk kompetisi musim 2020.

Jika situasi Indonesia membaik, Liga 1 akan kembali digulirkan sesuai skenario pada Juli 2020. Sementara jika pemerintah memperpanjang masa darurat Covid-19 maka dengan terpaksa PSSI akan recara resmi membatalkan kompetisi musim 2020

Namun, Herru optimistis seluruh suporter sepak bola Tanah Air, khususnya bobotoh akan mengikuti imbauan PSSI dan PT LIB untuk berada di rumah jika Liga 1 dilanjutkan tanpa penonton. Sebab hanya dengan cara itu kompetisi bisa tetap berdenyut di tengah ketidakpastian pandemi.

Di sisi lain, Herru meyakini, banyak cara alternatif bagi bobotoh agar tetap bisa memberikan dukungan untuk tim kebanggaannnya saat kembali berkompetisi Liga 1. Selain menonton siaran langsung dari televisi, media sosial bisa jadi sarana untuk memberikan dukungan positif bagi Persib.

"Kita ikuti aturan PSSI dan pemerintah, aturan yang aman buat pemain, buat semuanya. Kalau dirasakan aman semuanya dipersilakan, kalau belum aman mah jangan lah. Yang pasti berharap cepat bergulir kembali dan pandemi segera berakhir," ujarnya.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/nAypkP2uC6U" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers