web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Jelang Lebaran 2020, Pengguna Tol Cileunyi Turun 150%

Minggu, 17 Mei 2020 15:16 WIB Mildan Abdalloh

Ilustrasi -- Antrean kendaraan di GT Cileunyi. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

CILEUNYI, AYOBANDUNG.COM -- Satu pekan sebelum Idulfitri 2020, kendaraan yang melintasi Tol Cileunyi menurun drastis jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu.

Supervisor Tol Cileunyi Joko Handoyo mengatakan, pada periode sama jelang Idulfitri tahun lalu, pengguna Tol cileunyi mencapai puluhan ribu kendaraan.

"Hari ini hanya 13.000 kendaraan saja yang melintas, baik keluar maupun masuk," tutur Joko, Minggu (17/5/2020).

Jumlah tersebut cukup jauh jika dibandingkan dengan waktu menjelang Idulfitri tahun lalu, mengingat pada masa itu tidak ada larangan mudik akibat pandemi.

"Penurunannya lebih dari 150% jika dibandingkan dengan tahun lalu. Sekarang sangat landai," katanya.

Walau demikian, Joko mengakui jika kendaraaan yang melintas gerbang tol Cileunyi didominasi oleh kendaraan yang keluar. "Rasionya 70-30. 70% itu keluar, 30% masuk," ucapnya.

Dia menduga pengguna tol Cileunyi merupakan warga lokal yang beraktivitas di Bandung Raya dan bukan pemudik dari luar daerah. "Aktivitas lokal, bukan pemudik. Lagipula di depan gerbang dijaga 24 jam oleh petugas, yang ketahuan akan mudik, langsung disuruh memutar," tutupnya.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/_qli0FOR20I" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers