web analytics
  

Tips Jadi YouTuber Sukses Tanpa Konten Prank

Sabtu, 16 Mei 2020 05:49 WIB
Umum - Unik, Tips Jadi YouTuber Sukses Tanpa Konten Prank, Tips, YouTuber, Sukses, Konten Prank. prank,

[Ilustrasi] Tips jadi YouTuber sukses tanpa konten prank. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Sejumlah tema bisa dipilih oleh youtuber untuk kontennya, termasuk prank. Namun apakah prank jadi satu-satunya jalan untuk menjadi youtuber sukses?

Belakangan menjadi youtuber semacam profesi yang amat menjanjikan bagi semua orang. Bahkan sejumlah artis terkenal pun kini begitu niat membuat konten menarik demi menggaet subscriber.

Namun sayangnya, konten kreator YouTube belakangan menjadi sorotan. Pasalnya, banyak yang membuat konten prank dan dianggap kelewatan.

Menanggapi banyaknya konten negatif, YouTuber, Efka H Fajar, memilih untuk menghindarinya. Lelaki bernama lengkap Fajar Hidayatullah ini ogah mengambil jalan pintas agar cepat naik daun.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/dMhqals8Tm8" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

"Mau jadi YouTuber juga harus optimis, siap mental, harus niat nggak semata-mata bikin konten negatif biar viral dan buat cepat dapat subscriber. Jangan terpaku sama jumlah subscriber yang besar, lebih baik lo punya subscriber sedikit tapi mereka aktif," kata Efka H Fajar, ditemui di Jakarta, baru-baru ini.

Efka H Fajar terjun memulai menjadi YouTuber sejak 2017. Tiga tahun merintis jadi YouTuber, Fajar kini memiliki 1,5 juta subscriber.

"Kalau ngomongin YouTube sekarang tantangannya jauh lebih besar kalau dibanding tahun 2017. Saingannya makin banyak. Jadi semua balik lagi apa yang mau lo kejar? Uang? Subscribers? Atau memang ingin berkarya aja," ujar Efka.

Sebanyak 1,5 juta subscriber yang diraih Efka H Fajar tidak didapat dengan mudah. Lelaki 22 tahun ini bahkan harus berhenti kuliah demi fokus menjadi YouTuber.

"Gue mulai aktif di YouTube setelah memutuskan berhenti kuliah di semester 4. Prosesnya pahit banget dan nggak semudah itu sampai ada di titik sekarang. Konten gue awalnya games dan vlog, tapi lambat laun gue beralih ke konten reaction dan keluar dari idealis gue sampai akhirnya punya banyak subscribers," ungkap Efka H Fajar.

Kini, selain menjadi youtuber, Efka H Fajar juga menekuni dunia musik.

"Gue juga lumayan aktif di bidang musik. Ada beberapa karya yang gue buat tapi akhirnya gue nikmatin sendiri karena nggak pede, tapi alhamdulillah tahun ini proyek musik gue bareng beberapa Youtuber lain bakalan segera terealisasikan," tutur Efka H Fajar.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers