web analytics
  

Selain Batuk, Hilang Kemampuan Bicara Termasuk Gejala Corona

Jumat, 15 Mei 2020 18:00 WIB M. Naufal Hafizh

[Ilustrasi] Perempuan kesulitan berbicara. (Pixabay)

Hilangnya kemampuan berbicara termasuk gejala lain dari infeksi virus corona covid-19 yang perlu diwaspadai.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Selain batuk kering persisten, demam tinggi, dan kesulitan bernapas, gejala seseorang terjangkit virus corona covid-19 terus berkembang, salah satunya kehilangan kemampuan bicara.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memeringatkan bahwa beberapa pasien corona covid-19 bisa mengalami kehilangan kemampuan bicara.

Saat ini pemerintah Inggris telah menyarankan masyarakat untuk tetap berada di rumah untuk mencegah penyebaran virus corona covid-19 lebih luas.

Meskipun Inggris sudah mencapai puncak kasus, tapi seseorang masih berisiko terkena infeksi virus corona covid-19 bila kehilangan kemampuan bicara.

WHO dilansir oleh Express, telah memeringatkan bahwa ada 3 gejala serius dari infeksi virus corona covid-19 yang tak boleh diabaikan.

Salah satu dari ketiga tanda-tanda peringatan itu adalah kesulitan berbicara. Jika Anda kehilangan kemampuan bicara, maka Anda harus membicarakannya dengan dokter.

Terlebih, bila hilangnya kemampuan berbicara Anda disertai dengan kurangnya gerakan fisik. Anda perlu mewaspadainya sebagai tanda-tanda infeksi virus corona covid-19.

"Penyakit corona covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona jenis baru. Kebanyakn orang yang terinfeksi covid-19 akan mengalami masalah pernapasan ringan hingga sedang tanpa perawatan khusus," kata WHO.

Adapun gejala serius dari infeksi virus corona covid-19 menurut WHO, yakni kesulitan bernapas atau sesak napas, nyeri atau tekanan di dada, kehilangan kemampuan berbicara atau bergerak.

Bila Anda mengalami salah satu gejala serius itu, carilah pertolongan medis atau hubungi dokter dan ceritakan gejala yang Anda alami.

Namun, kehilangan kemampuan berbicara tidak melulu disebabkan oleh virus corona covid-19. Seseorang bisa kehilangan kemampuan berbicara akibat kondisi medis atau psikologis tertentu.

Selain itu, masalah berbicara juga bisa terjadi akibat gangguan pendengaran, masalah pendengaran, racun atau mutisme selektif.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers